Kualitas Air Sungai Kahayan Dan Sebangau Masih Kategori Aman

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 26 Maret 2019 23:34, Dibaca 921 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau, Wartony menegaskan kualitas air Sungai Kahayan dan air sungai Sebangau di Kabupaten Pulang Pisau masih dalam kategori aman dan layak untuk dikonsumsi.

berdasarkan hasil uji pada tahun sebelumnya air Sungai Kahayan dan Sungai Sebangau masih tergolong cemar ringan dan belum melampaui ambang batas.

(Baca Juga : Penyuluhan Pembangunan Sebagai Ujung Tombak Pengayom Umat)

Dimana air tersebut masih layak dikonsumsi namun harus tetap disarankan dengan melakukan fermentasi, baik dilakukan dengan penyaringan dan lain sebagainya, ujar Kepala DLH Kabupaten Pulang Pisau, Wartoni di Pulang Pisau, Selasa (26/3).

"Apa lagi air Sungai Kahayan itu menjadi bahan baku untuk PDAM daerah setempat," ucapnya.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan pengecekan kualitas air di dua sungai itu, hal ini untuk melihat sejauh mana tingkat pencemaran air Sungai Kahayan dan Sungai Sebangau.

Wartony menambahkan, pihaknya rutin mengambil sampel kualitas air per triwulan, dan ditahun ini ada sebanyak empat kali pihaknya melakukan pengecekan dalam satu tahun.

ia berharap ada peran serta masyarakat untuk turut menjaga agar kualitas air tidak tercemar agar mendapatkan kualitas yang baik untuk lingkungan dan ekosistem. (MC. Pulang Pisau/Ayu/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook