Festival Budaya Isen Mulang Berlangsung Mulai Tanggal 18-24 Mei 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 18 Maret 2019 18:29, Dibaca 1,106 kali.


MMCKalteng - Jakarta - Press Conference Calender of Event Kalimantan Tengah dilaksanakan di lobby lantai 2, gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Kegiatan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diwakili Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan, Deputi Bidang pengembangan Pemasaran I Rizki Handayani, Wakil bupati Lamandau, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng, Ir. Herson B. Aden., M.Si, Kepala OPD terkait, rekan media dan tamu undangan.

(Baca Juga : Tahun 2018 Dipastikan Ada Penerimaan CPNS Provinsi Kalteng)

Penyelanggaraan event Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 mengangkat tema “Eksistensi Kearifan Lokal Menuju Kalteng Berkah” menampilkan beragam budaya dari berbagai etnis yang ada di Kalteng, akan berlangsung di Kota Palangka Raya pada 18-24 Mei 2019 mendatang.

Penyelenggaraan FBIM 2019, sebagai satu-satunya event unggulan Kalteng yang masuk dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia (CoE WI), akan dijadikan sebagai momentum untuk mempromosikan potensi wisata budaya serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalteng yang tahun ini menargetkan 553.000 wisatawan. Pada tahun 2019, jumlah event kabupaten dan kota provinsi Kalteng sebanyak 167 event dan 3 event internasional.

“Dari penyelenggaraan FBIM 2019 panitia menargetkan kunjungan 25.000 wisatawan nusantara (wisnus) dan 500 wisatawan mancanegara (wisman),” ucap, Guntur Talajan dalam jumpa pers bersama Menteri Pariwisata di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin sore (19/3/2019).

Kadis Budpar Guntur Talajan menjelaskan, penyelenggaraan FBIM 2019 yang menampilkan berbagai penunjukan seni dan budaya, permainan, dan kompetisi, serta Kontes Kecantikan Wisata Kalteng akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan event unggulan lainnya antara lain; ‘Kahayan Boat Festival’ menampilkan; rally sampan/perahu, jukung hias, basei kambe, balap klotok, perahu kuliner yang belangsung di Palangka Raya pada Juni 2019 , sedangkan pada September dan Oktober 2019 akan berlangsung event ‘Tiwah’ atau upacara ritual kematian tingkat akhir bagi Suku Dayak di Kalteng.

Dalam penyelenggaraan FBIM 2019 tahun ini, kata Guntur Talajan, akan menampilkan 18 macam lomba kesenian yang diikuti peserta dari kabupaten/kota se-Kalteng dan kegiatan festival tersebut dalam rangka menyambut HUT Provinsi Kalteng yang jatuh pada 23 Mei sekaligus sebagai dukungan terhadap visi dan misi Gubenur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wagub H. Habib Ismail.

Event FBIM telah berjalan sejak 1993 dan setiap tahun pengunjungnya terus meningkat. Pada penyelenggaraan FBIM 2018 yang lalu pihak panitia mentargetkan kunjungan 500 wisman dan 20 ribu wisnus, sedangkan FBIM 2019 tahun ini taxget pengunjung dinaikkan menjadi 25.000 wisnus dan 500 wisman.

Penyelenggaraan FBIM 2019 dimeriahkan dengan 18 lomba kesenian yakni; Karnaval Budaya; Pemilihan Putra-Putri Pariwisata; Tari Daemh; Lagu Daerah dan Karungut; Mangenta; Malamang; Mangaruhi; Balogo; Habayang; Maneweng.

Manetek, Manyila Kayu; Jukung Tradisional, Besei Kambe; Jukung Hias; Manyipet; Lagu Daerah; Lawang Sakepeng; Sepak Sawut; dan Masakan Tradisional. (Yds:Foto:Yds)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook