Lagu Daerah Berbasis Web

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 07 Maret 2019 08:28, Dibaca 5,434 kali.


Lagu daerah sebagai gambaran latar belakang karakter suatu kebudayaan daerah. Lagu yang lahir dan berkembang dari budaya daerah setempat dan bersifat turun-temurun ini disebut lagu daerah. Dengan kata lain, ide penciptaan lagu daerah berdasarkan pada budaya dan adat istiadat daerah. Bentuk lagu umumnya dinyatakan dalam lirik bahasa daerah. Begitu juga dengan bentuk pola dan susunan melodi sederhana dan mudah dikuasai oleh masyarakat daerah setempat.

Karakteristik lagu daerah bersifat kedaerahan. Ini tampak pada syair yang digunakan, yaitu menggunakan syair dan dialek daerah. Karakteristik selanjutnya lagu daerah menggunakan bahasa yang sederhana. Hal tersebut muncul dari tema-tema lagu daerah, seperti lagu tema hormat kepada orang tua atau tema bermain. Selain itu, karakteristik lagu daerah bersifat tradisional dan sudah ada sejak masyarakat itu ada. Lagu daerah disampaikan secara lisan turun- temurun. Karena sifatnya turun-temurun dan tidak tertulis, sehingga tidak diketahui secara pasti siapa penciptanya.

(Baca Juga : Ada Apa dengan SPBE)

Seiring berkembangnya sistem media informasi, seyogianya pengenalan lagu-lagu daerah berbasis web dilakukan. Perencanaan membangun media informasi pengenalan lagu daerah dimaksudkan dengan mencamtumkan lagu daerah. Di dalam web tersebut dapat dibuat menu home tujuannya pengguna dapat melihat halaman awal sistem. Halaman awal ini berisi koleksi dari lagu-lagu daerah yang ada di dalam sistem. Selanjutnya, menu daftar lagu bertujuan pengguna dapat melihat koleksi daftar lagu-lagu daerah. Ketika memilih salah satu lagu daerah pengguna web dapat melihat informasi berisi penyanyi, pencipta, sinopsis, lirik lagu, MP3, video clip, dan video cover yang dapat diunduh. Kemudian lagu daerah dapat didengarkan disertai paparan pesan yang terkandung dalam lagu daerah tersebut.

Kreativitas menampilkan lagu daerah berbasis web melalui pendekatan ini akan memupuk dan meningkatkan rasa keindahan lirik lagu serta memberi pengetahuan tentang unsur lagu. Hal ini dilakukan dengan cara mengamati penggunaan dan memperdengarkan lagu-lagu daerah. Sebagaimana Alimin (2014: 32) menyatakan bahwa lagu daerah merupakan khasanah yang tak ternilai harganya, dan lagu daerah memiliki beberapa fungsi penting, fungsi penting tersebut contohnya sebagai pengiring upacara, pengiring sebuah pertunjukan atau permainan tradisional, dan sebagai media komunikasi dalam suatu pertunjukan merupakan kekayaan budaya.

Lagu daerah merupakan salah satu wujud karya seni yang menjadi bagian kebudayaan yang dikenal oleh masyarakat (Candra, 2012). Di dalam lagu daerah terkandung suatu makna, pesan untuk masyarakat, serta suasana atau keadaan masyarakat setempat, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah setempat (MGMP Seni: 2010). Keindahan dan kekayaan inilah yang sampai sekarang masih dimiliki dan patut dilestarikan. Keindahan yang tertuang dalam lagu daerah menjadi gambaran karakter suatu kebudayaan daerah. Pentingnya karakter suatu daerah melalui kebudayaan menunjukkan bahwa pentingnya untuk menjaga dan melestarikan kekayaan budaya daerah.

Adanya teknologi yang maju diharapkan memudahkan pengguna teknologi mengenal kebudayaan daerah demi kelestarian budaya. Dengan mengenal dan menghargai budaya melalui lagu daerah sebagai sebuah kekayaan budaya yang dimiliki oleh suatu daerah setempat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatkan dan mengembangkan potensi rasa keindahan yang dimiliki melalui pengalaman dan penghayatan terhadap lagu daerah. Berikutnya mengajarkan cara menyanyikan lagu daerah dan menjelaskan pesan yang terkandung dalam lagu daerah.(syatkmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Artikel
Artikel
Artikel
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook