Koperasi dan UMKM Pegang Peranan Penting bagi Pengentasan Kemiskinan serta Pengangguran

Kontribusi dari Iin Carolina, 05 Maret 2019 06:59, Dibaca 576 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) adalah program pemerintah yang dirancang untuk meningkatkan populasi wirausaha Indonesia, hal ini disampaikan kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Palangka Raya Afendi, dalam kegiatan pelatihan Kewirausahaan melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional bagi Gerakan Koperasi yang diselenggarakan di hotel Neo Kota Palangka Raya, Senin (04/03/2019).

Koperasi dan UMKM memegang peranan penting yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia dan saat ini dianggap cara efektif dalam pengentasan kemiskinan, selain menjadi sektor usaha yang besar kontribusinya terhadap pembangunan nasional juga menciptakan peluang kerja dalam negeri sehingga sangat membantu upaya pengentasan pengangguran, tambahnya.

(Baca Juga : Kaji Banding Raperda LPPL Radio Ke Banyuasin )

Pemerintah Kota Palangka raya mendukung dan mengapresiasi pelatihan dalam rangka GKN, hal ini dianggap mampu untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya para pelaku UMKM yang ada di Kota Palangka Raya sehingga mampu bersaing dengan pelaku UMKM lainnya di Indonesia.

Melalui pelatihan ini juga dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan serta kreatifitasnya sehingga mampu melihat, mengolah serta memanfaatkan peluang dan sumber daya sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan ekonomi keluarga.

Pada era digital seperti saat ini juga diharapkan pelaku UMKM dapat menciptakan keunggulan kompetitif dan menciptakan produk inovasi serta mampu memanfaatkan Teknologi informatika marketing dalam mempromosikan hasil produksi, tutupnya. (MC. Isen Mulang)

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook