Geliat Ekonomi di Car Free Day Bundaran Besar

Kontribusi dari Iin Carolina, 03 Maret 2019 19:53, Dibaca 329 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Disetiap akhir pekan disekitar bundaran besar Palangka Raya dilaksanakan car freeday, Minggu (3/3/2019) sekitar 1500 orang tumpah ruah memadati areal tersebut, selain berolahraga, di tempat ini pula banyak pedagang yang menjajakan dagangannya dengan berbagai macam dagangan.

Pedagang ini adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Palangka Raya. Meskipun kontribusi dari pelaku UMKM ini sangat kecil setidaknya geliat ekonomi mulai bisa memberikan andil terhadap pertumbuhan ekonomi di kota Palangka Raya.

(Baca Juga : DPRD Gumas dan DPRD Banjarbaru Kaji Banding Penyusunan Raperda RPIK tahun 2019-2039)

Dari data statistik kota Palangka Raya tahun 2018, pertumbuhan ekonomi kota tahun 2017 mencapai 6,96 persen. Pertumbuhan ini sudah melebihi dari pertumbuhan ekonomi nasional. Sektor yang memberikan andil dalam pertumbuhan ekonomi kota Palangka Raya yaitu sektor perdagangan besar dan eceran sebesar 12,26 persen, naik 1,76 persen bila dibandingkan dengan tahun 2016 yang hanya sebesar 10,5 persen.

Menurut Mangar pedagang lukisan kartun warna “dengan adanya car freeday ini sangat membantu ekonomi keluarga, buat nambah beli kebutuhan di rumah tangga”.

Begitu juga dengan Yanti, dia sangat bersyukur sekali bisa berjualan di tempat ini yang hasil dari jualannya dapat menghidupi keluarganya.

Dengan adanya kegiatan ekonomi di bundaran besar ini sangat membantu perekonomian para pelaku UMKM di kota Palangka Raya, selain itu juga dapat mengurangi angka pengangguran dengan adanya penciptaan lapangan pekerjaan. (MC.Isen Mulang)

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook