Media Center Isen Mulang Palangka Raya Raih Penghargaan Dari Kementerian Kominfo RI

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 14 Februari 2019 09:34, Dibaca 312 kali.


MMCKalteng – Media Center adalah pusat informasi dan fasilitasi kebutuhan publik terhadap informasi. Melalui media center, berbagai ragam masyarakat akan dapat berkomunikasi dan bertukar informasi, tentunya yang berkaitan dengan beragam isu strategis atau isu lokal lembaga publik. Kegiatan lalu-lintas informasi dilaksanakan secara periodik maupun insidental untuk menyerap dan menyebarluaskan informasi kepada publik secara cepat.

Siti Meiningsih, Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik  (Dirjen IKP) Kementrian Komunikasi dan Informatika RI menyampaikan pada acara pembukaan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) media center daerah, Rabu (13/2/2019) di Hotel Amaroossa Royal Bogor, bahwa potensi media center bagi lembaga pemerintahan ke depan sangat besar terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi. Ketika kondisi itu terpenuhi, maka cita-cita penyelenggaraan pemerintahan yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya sistem informasi dan komunikasi yang baik dan lalu lintas pertukaran informasi yang tepat, cepat, dan akuntabel.

(Baca Juga : Tausiyah Online Guna Jalin Silaturahmi Di Tengah Wabah Virus Corona)

Selanjutnya pada acara tersebut Siti Meiningsih menyampaikan, bahwa setiap tahun Dirjen IKP memberikan apresiasi kepada media center daerah yang aktif memberikan kontribusi berita maupun foto pada portal infopublik.id pada ruang berita nusantara yang dikelola sub direktorat media online.

Dari rekapitulasi data, ada 251 media center daerah yang ada di Indonesia hanya 157 yang tercatat berkontribusi mengisi berita nusantara pada tahun 2018, dan diumumkan bahwa media center (MC) kategori berita teraktif dari kabupaten/kota se Indonesia, teraktif 1 diraih oleh MC Kota Palangka Raya, teraktif 2 MC Kota Padang, teraktif 3 MC Toba Samosir, teraktif 4 MC Kabupaten Sumenep dan teraktif 5 dari MC Kota Batam.

Penghargaan untuk MC Kota Palangka Raya diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya selaku penanggungjawab MC Isen Mulang Kota Palangka Raya, Aratuni Jaban yang diserahkan oleh Direktur Pengelola Media, Dirjen IKP, Kementrian Komunikasi dan Informatika RI di Hotel Amaroossa Royal Bogor.

Disela acara, awak mediacenter.palangkaraya.go.id menemui Aratuni, dan beliau sangat apresiatif kepada tim pengelola media center isen mulang Pemerintah Kota Palangka Raya yang telah ulet bekerja keras demi pelayanan publik akan kebutuhan informasi di kota Palangka Raya, pungkasnya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook