Disperkimtan Gelar Raker Teknis Pembiayaan Perumahan

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 13 Februari 2019 16:44, Dibaca 451 kali.


MMCKalteng - Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Provinsi (Prov) Kalimantan Tengah (Kalteng) gelar Rapat Kerja (Raker) Teknis Pembiayaan Perumahan, bertempat di Meeting Room, Luwansa Hotel, Rabu (13/2/2019).

Raker dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, S. Hut, MP yang diwakili oleh Staff Ahli Gubernur Bidang Pemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Yuel Tenggara, Ketua Komisi D bidang Infrastruktur DPRD Prov. Kalteng, Sekretaris DPRD, Kepala Disperkimtan, OPD terkait serta para tamu undangan.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Melakukan Penyerahan Bantuan Sosial Korban Kebakaran di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Seruyan)

Sekda yang diwakili oleh Yuel Tenggara memaparkan dalam program Satu Juta Rumah, kemampuan Pemerintah Pusat hanya sekita 20 persen untuk membangun rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sedangkan 30 persen rumah bersubsidi dibangun oleh pengembang dengan skema pembiayaan perumahan. Adapun 50 persen sisanya banyak dibangun pengembang dan masyarakat sendiri secara swadaya.

Tantangan dalam penyediaan rumah layak huni dengan harga terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang dihadapi adalah tingkat keterjangkauan MBR masih rendah, baik membeli dari pengembang, membangun secara swadaya maupun meningkatkan kualitas rumah yang tidak layak huni.

Untuk menjawab tantangan tersebut, pemerintah pusat telah menguluarkan beberapa program pembiayaan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, antara lain subsidi bantuan uang muka (SBUM), subsidi selisih bunga (SSB), KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan masih banyak lagi. (ARP/Foto:AS)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook