Plt. Gubernur Kalteng Bersama Sekretaris Jenderal Kemenag Menandatangani Kesepakatan Bersama Hibah Barang Milik Negara Berupa Tanah dari Kementerian Agama RI Kepada Pemprov. Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 04 Desember 2020 15:57, Dibaca 233 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Guna memberikan kepastian hukum dan meningkatkan Pengelolaan Barang Milik Negara berupa tanah yang digunakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) serta untuk meningkatkan penyelenggaraan tugas dan fungsi Pemerintah Prov. Kalteng, Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) bersama Pemprov. Kalteng melakukan kesepakatan bersama tentang Hibah Barang Milik Negara Berupa Tanah. Penandatanganan Kesepakatan Bersama digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta, Jumat (04/12/2020).


Hibah Barang Milik Negara tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Kesepakatan Bersama antara Kementerian Agama RI dengan Pemprov. Kalteng Tanggal 04 Desember 2020 Nomor 8 Tahun 2020 Nomor 900/837/bkad/2020 tentang Hibah Barang Milik Negara Berupa Tanah dari Kementerian Agama RI Kepada Pemprov. Kalteng. Kesepakatan Bersama ditandatangani oleh Pihak Kesatu dan Pihak Kedua dan oleh Saksi.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Apresiasi Lomba Menembak HUT Brimob di Mayonif 631 Antang)

Kedua Belah Pihak yang melakukan penandatangan yakni Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Kementerian Agama, selanjutnya disebut Pihak Kesatu. Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Pemprov. Kalteng, selanjutnya disebut Pihak Kedua. Sementara itu, saksi yang menandatangani yakni Kepala Badan Keuangan Aset Daerah Prov. Kalteng Nuryakin dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalteng H. ABD. Rasyid.

Dalam Kesepakatan Bersama, ditetapkan bahwa Pihak Kesatu akan menghibahkan kepada Pihak Kedua dan Pihak Kedua akan menerima penyerahan hibah dari Pihak Kesatu berupa 1 bidang tanah seluas 46.917 m2 terletak di Jalan G. Obos, Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Prov. Kalteng. Tanah tersebut berdiri bangunan Masjid Raya Darussalam, IAIN Palangka Raya, Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya dan Islamic Centre termasuk lembaga pendidikan Darussalam Palangka Raya.

Hibah tanah sebagaimana dimaksud, dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari Pengelola Barang dhi. Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi Kementerian Keuangan RI dan dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah dan Berita Acara Serah Terima Hibah berikut penyerahan dokumen kepemilikan.

Dengan telah ditandatangani Kesepekatan Bersama antara Kementerian Agama RI dengan Pemprov. Kalteng tersebut maka kepastian dan kedudukan hukum  terkait tanah yang dimanfaatkan oleh Pemprov. Kalteng  selama ini khususnya dalam pembangunan dan pengembangan area Islamic Center , menjadi semakin jelas. Hal tersebut merupakan satu langkah dan upaya yang signifikan dari Pemprov. Kalteng, mengingat selama puluhan tahun bangunan Pemprov. Kalteng  yang berdiri di area Islamic Center merupakan tanah milik Kementerian Agama. Dengan demikian, Pemprov. Kalteng akan lebih leluasa dalam pengembangan Islamic Center kedepan.

Hadir secara khusus menyaksikan penandatangan Kesepakatan Bersama yakni Menteri Agama Fachrul Razi dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. Turut hadir mendampingi Plt. Gubernur diantaranya Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri,  Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Hamka, Kepala Biro Kesra H. Syahruddin dan Rektor IAIN Palangka Raya H. Khairil Anwar.  (WDY/Foto:Ist)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook