Waspada Peredaran Miras Oplosan dan Narkoba

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 13 Februari 2019 08:42, Dibaca 1,167 kali.


MMCKalteng– Kalangan anggota DPRD Kota Palangka Raya, menghimbau masyarakat untuk waspada dengan maraknya minuman keras (miras) oplosan dan narkoba yang saat ini rawan akan peredarannya.

Terlebih saat ini sudah banyak warga Kota Palangka Raya dan masyarakat Kalteng pada umumnya yang menjadi korban akibat mengkonsumsi miras oplosan dan zat adiktif berbahaya lainnya.

(Baca Juga : Ormas dan Media Massa Diharap Bantu Pengawasan Pemilu)

“Sudah banyak yang menjadi korban, dan mayoritas korbannya adalah anak-anak muda. Ini menjadi kewajiban kita untuk melindungi generasi penerus bangsa,” kata Alfian, Selasa (12/2/2019).

Lebih lanjut Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Alfian Batmakanti mengingatkan, terutama pihak sekolah untuk bisa lebih berhati-hati serta ketat dalam pengawasan terhadap anak didik. Terutama terus mengedukasi mereka agar memahami dampak-dampak negatif dari mengkonsumsi bahan berbahaya tersebut.

“Tentunya sekolah harus memberikan pendidikan dan pengetahuan yang benar terkait hal tersebut. Baik mengenai bahayanya terhadap kerusakan ginjal bahkan bisa mengganggu fungsi jantung serta dampak dari cairan tersebut, yang sejatinya bukan untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Menurut Alfian,  banyak para remaja khususnya pelajar tidak memahami efek dari penyalahgunaan obat-obatan serta minuman yang berbahaya ketika dikonsumsi.

“Mereka harus diberikan pemahaman serius, terlebih sudah ada korban jiwa karena kasus miras oplosan maupun penyalahgunaan obat terlarang. Semua pihak dapat meningkatkan penjagaan terhadap anak-anak,”cetusnya.

Tambah Alfian, peran orang tua dan tokoh agama serta tokoh masyarakat sangatlah penting untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari narkoba maupun miras, bahkan zat adiktif dan zat kimia lainnya untuk tidak disalahgunakan. (MC. Isen Mulang.1)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook