Menkominfo : Pers Tidak Akan Pernah Mati

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 08 Februari 2019 12:25, Dibaca 64 kali.


MMCKalteng – Pameran karya pers dan teknologi informasi dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) berlangsung meriah. Acara digelar mulai tanggal 7-9 Februari 2019 di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara optimistis pers di Indonesia tak akan pernah mati selama insannya profesional, berkualitas, dan berkompeten.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Lakukan Launching Kredit Program Melawan Rentenir UMKM Berkah dan Penyerahan Bantuan Stimulan Ekonomi Dana Insentif )

"Saya yakin pers tidak akan pernah mati karena kesadaran insannya yang senantiasa meningkatkan kapasitas serta kualitas," ujarnya di sela pembukaan pameran karya pers dan teknologi informasi dalam rangka HPN di Surabaya, Kamis (8/2/2019).

Menurut dia, wartawan dan industri pers diuji bukan karena tergantung pada digitalisasi, melainkan pengaruh etika profesionalisme.

"Artinya, digitalisasi bukan suatu masalah ada atau tidaknya pers, sebab digital hanyalah sebuah cara. Bedanya, dulu penyampaian berita menggunakan kertas, sekarang beralih," ucapnya.

Kendati demikian, ia mengakui pengaruh teknologi pada era digitalisasi saat ini luar biasa, seperti mendengarkan radio melalui ponsel pintar.

"Saya mendengar radio sudah tidak pakai radio, tapi melalui ini (sembari menunjukkan ponselnya, red.). Semua radio di dunia ada," katanya.

Menkominfo juga mengimbau kepada seluruh insan pers di Indonesia untuk membesarkan industri pers dengan cara tidak menyebar hoaks.

"Saya yakin selama insan pers menjaga etika, menyajikan berita berimbang dan profesional maka industrinya tak akan pernah hilang, bahkan semakin maju," katanya. (ARP/Foto:Ega)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook