Dua Tahun Terakhir 27 Prestasi Diraih Disbudpar Kalteng

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 31 Januari 2019 07:45, Dibaca 22 kali.


MMCKalteng - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (disbudpar) Kalimantan Tengah (kalteng), mencatat 27 prestasi mampu diraih dinas tersebut selama kurun waktu dua tahun terakhir. Prestasi itu dicapai pada berbagai event. Baik event tingkat Provinsi Kalteng, regional hingga tingkat nasional.

Kepala Disbudpar Kalteng Dr. Guntur Talajan, S.H, M.Pd menyebutkan, capaian tersebut mampu diraih dinasnya bersama dengan mitra kerjanya. Seperti para duta wisata dan seni yang sebagian besar mewakili Kalteng diajang tingkat nasional. Sepanjang tahun 2017-2018 bisa dibilang Disbudpar Kalteng bersama mitra kerja dan duta seni budaya telah memiliki prestasi cukup baik, terutama menyangkut event kepariwisataan yang digelar Kementerian Pariwisata RI, ungkapnya, Rabu (30/01/2019).

(Baca Juga : Mitra UMKM Bertambah Menjadi 17 Gerai)

Guntur merincikan untuk tahun 2017, setidaknya ada 10 capaian prestasi yang diraih, antara lain karya tulis lawatan sejarah tingkat nasional, lomba karya tulis lawatan sejarah tingkat nasional, pawai takbir Idul Fitri, lalu event karawitan muda nasional. Ditahun 2017, Disbudpar Kalteng juga mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk karya budaya tahunan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia, sebut Guntur.

Masih di tahun 2017 lanjut dia, event seperti putri pariwisata Indonesia juga meraih hasil memuaskan, kemudian prestasi lain juga didapat pada lomba karya penyaji tari tradisi dan kreasi tradisi nusantara, lalu festival dari nusantara, selanjutnya prestasi di ajang panggung merah putih nusantara, expo dan forum model search, duta wisata nasional hingga prestasi parade lagu daerah ke-34 gita permata nusantara.

Sedangkan di tahun 2018, lanjut Guntur setidaknya ada 17 prestasi diraih, seperti pada event Putri Indonesia se Kalimantan, kemudian event icon Indonesia face model lamatopo, selanjutnya event festival kuliner khas nusantara, event festival pesona Borneo II, event tari nusantara, event mister internasional junior, event model internasional junior, kemudian event parade tari nusantara, event koreografi muda Indonesia, gelaran komisi informasi se Kalteng, event konser karawitan anak nasional, event duta wisata tingkat nasional ke 13, lalu ada penghargaan destinasi wisata berkelanjutan tingkat nasional, festival kuliner nusantara, parade lagu daerah ke 35, event peringatan hari ibu nasional dan event pada ajang komite perdamaian dunia.

Ini merupakan suatu prestasi yang menggembirakan, pasalnya di dua tahun terakhir Kalteng justru mendapatkan banyak prestasi dari ajang tingkat regional dan tingkat nasional, ujar Guntur. Oleh karena itu tambah dia, capaian tersebut setidaknya menjadi upaya Disbudpar Kalteng untuk melakukan perencanaan seni dan budaya serta kepariwitasaan Kalteng agar lebih baik lagi kedepannya.

Terpenting, prestasi ini dapat memberikan dampak yang luas terhadap dunia kepariwisataan di Kalteng terutama di tahun 2019 ini, kata Guntur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook