Palangka Raya Harus Bersih Dari Koperasi Bodong

Kontribusi dari Iin Carolina, 15 Januari 2019 18:36, Dibaca 298 kali.


MMC Kalteng - Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya menargetkan di Tahun 2019 ini tidak ada lagi adanya aktivitas koperasi bodong alias fiktif.

"Banyak kegiatan perkreditan atau simpan pinjam yang bersifat rentenir mengatasnamakan koperasi. Nah ini adalah koperasi bodong yang akan kami berantas," tegas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Palangka Raya, Afendie, Selasa (15/1/2019).

(Baca Juga : Kamis Rencana Presiden Lakukan Kunker ke Kapuas)

Harus diakui lanjut dia, hingga kini masih banyak koperasi bodong yang tidak tahu keberadaannya. Sebab itulah Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya akan mendata sekaligus membubarkan koperasi fiktif tersebut.

Terkait hal itu juga dikatakan Afendie pihaknya akan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk melaporkan manakala ingin mendirikan koperasi. Sebab koperasi yang berdiri tanpa kejelasan serta keberadaannya tidak diketahui, maka akan segera dibubarkan.

"Untuk jumlah koperasi bodong di Palangka Raya saya belum tahu pasti. Tetapi jelas ada dan siap kami bubarkan," tandasnya.

Saat ini, lanjut Afendie, dirinya sudah menugaskan tim untuk melakukan pendataan kepada setiap koperasi yang ada di Palangka Raya sehingga tidak ada lagi koperasi fiktif yang beroperasi.

"Kami terus melakukan operasi mencari koperasi yang tidak berbadan hukum atau bodong dan koperasi yang berbasis rentenir, sehingga masyarakat terhindar dari kegiatan yang bisa merugikan", pungkasnya.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook