Diskominfosantik Kalteng Kembangkan Kreatifitas KIM melalui Strategi Komunikasi Pemasaran

Kontribusi dari Verawati Vei, 22 September 2022 12:37, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat. Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Prov Kalteng bersama Mitra kerja KIM Batang Pambelum menggelar kegiatan Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Komunitas Informasi Masyarakat untuk Mengatasi Dampak Inflasi Daerah bertempat di GOR Bulutangkis Perumahan Kampung Rahayu Woro, Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya, Kamis (22/9/2022).

Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat, hal ini sejalan dengan informasi yang didapatkan masyarakat. untuk itu diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi, agar informasi yang sampai kepada masyarakat merupakan informasi yang baik dan positif.  Strategi Penerapan Komunikasi Pemasaran Komunitas Informasi Masyarakat diikuti oleh 15 orang peserta Industri Kecil Menengah (IKM) di lingkungan RT 19 Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya.

(Baca Juga : Dinas ESDM Prov. Kalteng Sediakan Posko Karhutla di Kelurahan Kalampangan)

KIM Batang Pambelum adalah mitra kerja Diskominfosantik Prov.Kalteng untuk melaksanakan pengembangan, pemberdayaan kelompok yang memiliki potensi sebagai jejaring informasi publik dan membangun komunitas yang memiliki aktivitas bidang pengelolaan diseminasi informasi.


Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Diskominfosantik Prov.Kalteng Tuty Sulistyowati, mengatakan “ Salah satu rencana aksi Diskominfosantik Prov.Kalteng untuk membantu mengendalikan inflasi yang tinggi adalah memberikan pelatihan singkat kepada pengelola industri kecil menengah (IKM) di Kalimantan Tengah” ujarnya.

Lebih lanjut Tuty menambahkan “ Saat ini Industri Kecil Menengah (IKM)masih berupaya bangkit perlu dilakukan pendampingan dan pembinaan agar mampu bertahan di situasi pandemi covid-19 yang belum berakhir. Melalui KIM Batang Pambelum pelaku IKM dapat belajar bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk menaikkan target penjualan” imbuhnya.


Ketua RT 19 Kelurahan Bukit Tunggal Bungkus Sudiyono mengatakan “ RT 19 di lingkungan Perumahan Kampung Rahayu Woro II baru terbentuk pada bulan Juli 2022 dan warga antusias berpartisipasi aktif dalam kegiatan Strategi Komunikasi Pemasaran KIM ini untuk meningkatkan pengetahuan,” katanya.

Bungkus Sudiyono mengharapkan agar pertemuan rutin KIM dapat berkembang, tidak stagnan dan  dapat memberdayakan masyarakat melalui diskusi antar anggota, atau komunitas lainnya.

Ketua KIM Batang Pambelum Yudistira Pratama menyampaikan “ Diperlukan strategi pemasaran yang komprehensif untuk memberikan dampak yang tinggi yang sesuai dengan pola perilaku pelanggan saat ini yaitu dengan strategi komunikasi yang tepat dan membangun identitas brand/merk usaha” imbuhnya.

Selain menyampaikan materi tentang Strategi Komunikasi Pemasaran, KIM Betang Pambelum membantu membuat design/logo brand IKM milik warga RT.19.

Seorang pemilik usaha Jamu Arie Winarni mengaku senang atas terselenggaranya kegiatan ini, “ Dengan dibantu fasilitasi pembuatan design produk, semoga produk jamu saya bisa dikenal banyak orang” pungkas pemilik usaha minuman tradisional ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Pejabat Fungsional Pranata Humas di lingkungan Diskominfosantik Kalteng, Ketua TP.PKK RT.19/RW 014 Kelurahan Bukit Tunggal Anita Sudiyono dan anggota KIM Batang Pambelum. (FR) 

Verawati Vei

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook