Walikota Panen Perdana Lele Dumbo di Kelurahan Marang

Kontribusi dari Iin Carolina, 04 Desember 2018 09:45, Dibaca 12 kali.


MMCKalteng - Walikota Palangka, Fairid Naparin memimpin panen perdana budidaya ikan lele dumbo di Kelurahan Marang, Kecamatan Bukit Batu, Senin (3/12/2018). Dalam proses panen itu, Walikota bersama warga terlihat mengangkat lele menggunakan alat yang telah disediakan. Berikutnya dilakukan penimbangan.

Lele dumbo tersebut merupakan hasil budidaya warga yang tergabung pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Dalam Kube ini ada Tujuh kelompok usaha, salah satunya kelompok karya usaha ada 2 yang membudidayakan ikan lele dumbo itu, Ketua dari kelompok ini adalah Badran Dahlan.

(Baca Juga : Penanganan Penyebaran Covid-19 Perlu Tindakan Cepat)

Fairid berharap budidaya ikan lele dapat memberikan manfaat khususnya bagi warga, disisi lain dia menyebut pemerintah membantu menyediakan bibit sampai panen. "Kendala sebenarnya tidak terlalu ada, cuma pada pemasaran dan konsumsi saja," kata Fairid.

Dia menuturkan pemerintah akan berupaya melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Tujuannya supaya persoalan pemasaran dapat teratasi sehingga memudahkan masyarakat.

Sementara itu Badran mengatakan masa perawatan lele itu berlangsung selama 2 bulan 12 hari. Dalam sehari diberi makan dua sampai tiga kali. "Sebenarnya 1,5 bulan sudah bisa panen. Tapi kita berupaya agar besarnya sama," katanya.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook