Sekda Gunung Mas Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Damang Batu dan Miri Manasa

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 16 Februari 2021 16:28, Dibaca 40 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson hadir mewakili Bupati Gunung Mas pada Musrenbang RKPD Kabupaten tingkat Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kecamatan Damang Batu dan Kecamatan Miri Manasa di Aula Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Selasa (16/2/2021) pagi. Yansiterson mengungkapkan, ia telah mendengarkan usulan dari 3 Kecamatan baik itu persoalan terkait dengan infrastruktur, pendidikan maupun kesehatan.

“Secara khusus Musrenbang tingkat Kecamatan seperti ini memang dalam rangka untuk menampung, memproses, menyeleksi, membuat daftar urut prioritas terkait pembangunan yang akan dilakukan dan akan diusulkan di tingkat Kecamatan mulai dari Desa, Kelurahan, Kecamatan dan seterusnya,” ujarnya.

(Baca Juga : Personil Kaltana Petuk Ketimpun Butuh Bantuan Selang Pemadam)

Sekretaris Daerah berharap yang terpenting adalah bisa memilah mana yang dapat ditangani oleh Desa agar ditangani oleh Desa sendiri, yang ditangani melalui dana Kelurahan agar ditangani melalui dana Kelurahan, yang menjadi tugas Kabupaten melalui Perangkat Daerah terkait baik dari infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan dan lain-lain menjadi tanggung jawab Kabupaten. Begitu juga yang menjadi peran dan kewenangan Provinsi akan ditampung dan diusulkan di Musrenbang Provinsi bahkan yang menjadi kewenangan pusat pada saat Musrenbangnas akan diusulkan ke pemerintah pusat.

Ia menambahkan, forum ini akan dibagi menjadi lima desk kelompok agar Kapala Perangkat yang hadir dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan mengeksekusi hasil Musrenbang di tiga Kecamatan, baik di Kecamatan Hulu Utara, Kecamatan Damang Batu dan Kecamatan Miri Manasa.


“Musrenbang tingkat Kecamatan tahun ini dilakukan dengan cara yang berbeda dikaranakan pandemi Covid-19, yaitu dengan zonasi di beberapa Kecamatan dikumpulkan di satu tempat, hari ini untuk Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Damang Batu dan Miri Manasa, digabung untuk dilaksanakan di Tumbang Miri, tatapi tidak mengurangi makna dari Musrenbang tingkat Kecamatan,” ucapnya. 

Yansiterson mengingatkan saat mengikuti Musrenbang kita harus taat, dan disiplin terhadap protokol kesehatan, jangan sampai Pemerintah melanggar protokol kesehatan itu sendiri karena selalu memberikan himbauan kepada masyarakat.

“Bapak, Ibu, Anggota Dewan yang hadir bisa mengawal hasil Musrenbang ini, baik itu sampai menjadi rencana kerja di masing-masing Perangkat Daerah, menjadi rencana kerja Pemerintah Daerah bahkan nanti sampai menjadi anggaran di dalam APBD Kabupaten Gunung Mas tahun 2022, benar-benar menjadi tanggung jawab untuk merealisasikan, membahas, menyepakati prioritas pembangunan di masing-masing wilayah Kecamatan yang bersangkutan sebagaimana hari ini yang kita lakukan,” tutupnya.

Adapun beberapa usulan yang disampaikan dalam Musrenbang hari ini antara lain terkait infrastruktur, sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, keagamaan, kondisi ekonomi, kondisi kantibmas dan kondisi lainnya yang perlu mendapat perhatian. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Dapil III yakni H. Gumer, Carles Frengki, Hj. Siti Hilmiah, Untung Jaya Bangas, Poli L. Mihing, Evandi. Kedatangan Sekda Kabupaten Gunung Mas diterima secara langsung oleh Camat Kahayan Hulu Utara Efendi W. Rasa, Camat Damang Batu Damai dan Camat Miri Manasa Herli Jambek. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook