Pj. Bupati Pulang Pisau Serahkan Bantuan Guna Maksimalkan Pencegahan Karhutla

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 08 Agustus 2018 14:59, Dibaca 14 kali.


MMCKalteng - Pj. Bupati Pulang Pisau, Sunarti Serahkan bantuan enam unit sepeda motor dan mesin pompa air kepada enam kelompok masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Tanjung Taruna, Desa Tumbang Nusa, Desa Garong, Desa Buntoi, Desa Paduran Mulya dan Desa Sebangau Jaya guna memaksimalkan pencegahan kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Hal tersebut disampaikan Sunarti usai menyerahkan bantuan tersebut kepada Kelompok MPA di Aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (8/8).

(Baca Juga : 80 Persen Infrastruktur Jalan di Kelurahan Bukit Tunggal Perlu Perbaikan)

Selain itu, Pj Bupati Pulang Pisau juga menyerahkan bantuan berupa drone dan peralatan monitoring kualitas udara untuk penanganan karhutla kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pulang Pisau, Wartoni.

Pejabat (Pj) Bupati Pulang Pisau, Sunarti mengatakan nilai bantuan ini tidaklah kecil, untuk itu perlu dukungan dari masyarakat untuk memaksimalkan penanganan kebakaran hutan dan lahan dan diperlukan juga dukungan dari semua pihak untuk sama-sama membina dan mengarahkan agar bantuan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga tidak menjadi sia-sia nantinya.

Kebakaran yang terjadi pada tahun 2015 merupakan pembelajaran yang sangat berharga bagi daerah kita khususnya Kalimantan Tengah, kebakaran tersebut banyak menimbulkan kerugian baik dari segi ekonomi maupun kesehatan, ucapnya.

Belajar dari pengalaman yang sudah ada, untuk menangani kebakaran hutan dan lahan perlu penangan yang terorganisir dan melibatkan banyak pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat yang ada di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Sejak tahun 2016 pemerintah Kabupaten Pulang Pisau telah bekerjasama dengan lembaga international Project Gambut, dengan kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas masyarakat peduli api di enam desa yaitu Desa Tanjung Taruna, Desa Tumbang Nusa, Desa Garung, Desa Buntoi, Desa Paduran Mulya, Desa Sebangau Jaya, ungkapnya.

Sunarti mengatakan pemilihan enam desa ini dikarenakan pada tahun 2015 desa tersebut merupakan desa yang paling rentan terhadap karhutla, bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dengan Project Gambut yaitu memberikan pelatihan kepada kelompok masyarakat yang peduli terhadap penanganan karhutla.

Untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari terkait penanganan karhutla Project Gambut juga berkomitmen membantu Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dengan mengalokasikan bantuan berupa Sepeda Motor dan Pompa air kepada MPA dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pulang Pisau dengan nilai total bantuan Rp.2.752.199.287,- (MC. Pulang Pisau/foto:Amel/Ayu/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook