Pj. Sekda Kalteng Buka Musyawarah Kerja Provinsi PMI Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 30 Desember 2021 14:17, Dibaca 106 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin membuka secara resmi Musyawarah Kerja Provinsi Palang Merah Indonesia (PMI) Kalteng Tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung di Imperial Room, Aquarius Boutique Hotel, Palangka Raya, Kamis (30/12/2021) pagi.

H. Nuryakin saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan bahwa Prov. Kalteng adalah salah satu Provinsi yang rentan akan terjadinya bencana, baik bencana yang diakibatkan oleh alam, manusia, maupun non alam, seperti kebakaran hutan dan lahan, permukiman, banjir, angin puting beliung, dan wabah penyakit. Terkait hal diatas, H. Nuryakin menekankan bahwa perlunya kesadaran dan kontribusi seluruh stakeholder dalam mengantisipasi maupun menghadapi bencana yang rentan terjadi di Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Jelang Tutup Tahun Gubernur H. Sugianto Sabran Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja Tahun 2021)

Pada kesempatan tersebut, Pj. Sekda menyampaikan beberapa hal penting untuk menjadi perhatian bersama yakni, pertama, perlu kesiapsiagaan yang optimal dari seluruh jajaran pengurus PMI, dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota dan bahkan kecamatan. Kedua, perlu upaya-upaya terpadu dan terkoordinasi dengan para pemangku kepentingan/stakeholder lainnya, terutama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial secara berjenjang, serta Perangkat Daerah terkait.

Ketiga, dalam upaya peningkatan kesiapsiagaan seluruh lapisan masyarakat Kalteng, diperlukan koordinasi semua pengurus PMI kabupaten/kota, agar seluruh kecamatan secepatnya membentuk pengurus PMI. Keempat, diharapkan setiap pengurus PMI Kecamatan agar didukung dengan sejumlah sukarelawan terlatih.

Kelima, perlu adanya upaya-upaya pencegahan terjadinya bencana sosial akibat adanya isu-isu yang menyesatkan di tengah masyarakat. Terakhir, agar pengurus PMI Kabupaten/Kota dapat merencanakan kegiatan/program untuk diajukan kepada Bupati/Wali Kota untuk mendapatkan anggaran hibah dari pemda kabupaten/kota, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.


Pembukaan Musyawarah Kerja Provinsi PMI Kalteng dihadiri oleh Ketua PMI Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, mitra PMI Kalteng dan pengurus PMI dari beberapa Kabupaten.(Sumber:Biro Adpim Setda Kalteng)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook