Gubernur : Pemprov Kalteng Komitmen Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Layanan Kesehatan

Kontribusi dari Widia Natalia, 22 Desember 2021 14:44, Dibaca 2 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan Pemprov. Kalteng berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan.

“Seluruh Masyarakat Kalimantan Tengah harus mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan. Gedung Hemodialisis Rumah Sakit Umum Daerah dr. Doris Sylvanus (RSDS) yang baru saja diresmikan hari ini merupakan wujud nyata perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam peningkatan fasilitas kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah”, ucap Gubernur saat melakukan dialog dengan Tenaga Kesehatan se-Kalteng terkait Pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah dengan RS Harapan Kita Jakarta, Peresmian Gedung Hemodialisis, Oksigen Generator dan Launching logo baru RSDS, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (22/11/2021).

(Baca Juga : Wujudkan Dunia Usaha Bebas Korupsi, Pemprov. Kalteng Bersama KPK RI Gelar Bimtek )


Pada kesempatan tersebut, H. Sugianto Sabran menyampaikan Pemprov. Kalteng mengapresiasi penyerahan hibah generator oksigen yang diberikan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Prov. Kalteng.

“Hal ini merupakan wujud kepedulian sesama terhadap peningkatan kualitas layanan kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah”, imbuhnya.

Pemprov. Kalteng juga mengapresiasi kerjasama yang telah berjalan selama ini dengan RS Harapan Kita, diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

“Utamanya saat ini RSDS telah ditunjuk sebagai 5 RS Jejaring penyakit jantung dengan pengampu RS Harapan Kita. Sehingga ditargetkan dapat melakukan operasi bedah jantung terbuka pada tahun 2023 secara kolaboratif dengan RS Harapan Kita bahkan jika dimungkinkan mampu melakukannya secara mandiri”, tambahnya.


Sugianto mengatakan Pemrov. Kalteng melalui RSUD dr. Doris Sylvanus berkomitmen mempercepat agar RSDS dapat melakukan operasi bedah jantung secara terbuka melalui penyediaan sarana dan prasarana serta meningkatkan meningkatkan kompetensi dokter, perawat serta tenaga ahli lainnya melalui fasilitasi Pendidikan Formal keprofesian masing-masing profesi. Sebagai wujud komitmen Pemrov. Kalteng dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan, selain meningkatan sarana dan prasana baik Gedung maupun alat kesehatan pada RSDS dan RSJ Kalawa Atei secara terus menerus, Pemerintah Provinsi juga akan memulai pembangunan Rumah Sakit milik Povinsi di wilayah barat.

Pembangunan ini dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memastikan masyarakat mendapatkan akses pelayanan kesehatan. Pembangunan ini juga akan diteruskan di wilayah timur dengan menyesuaikan pada kemampuan keuangan daerah.

Dengan adanya penambahan jumlah rumah sakit Provinsi dan upaya meningkatan kelas RSDS menjadi kelas A, dan pemenuhan sarana RSJ Kalawa Atei harus dibarengi dengan penambahan kuantitas dan peningkatan kualitas SDM. Untuk itu mulai tahun 2022, Pemerintah Provinsi akan memberikan beasiswa dalam rangka penambahan dokter spesialis konsultan, dokter spesialis dan perawat spesialis untuk memenuhi kebutuhan layanan spesialistik masyarakat kalteng. Diharapkan dengan peningkatan kualitas dan kuantitas SDM yang berkompeten dan professional akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan bahkan dapat menghilangkan rujukan pasien ke luar Prov. Kalteng.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini mengucapkan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tinggi atas dedikasi dan pelayanan yang diberikan selama ini khususnya pada saat berjibaku menghadapi pandemi Covid-19.

Terakhir disampaikan oleh Gubernur bahwa peningkatan layanan cuci darah yang semula 15 unit ditingkatkan menjadi 34 unit dengan anggaran Rp.12 Milyar lebih didukung oleh hibah dari PT.Tawada Healthcare (baca:helthker) untuk interior dan AC senilai Rp. 3,6 Milyar lebih.

Turut hadir Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Direktur RSDS Yayu Indriaty, Ketua IDI Prov. Kalteng dan Direktur Operasional PT. Tawada Budi Adianto. Hadir secara virtual Direktur RS se-Kalteng.

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook