Pemprov Kalteng Akan Menyusun Master Plan/Grand Design Provinsi Kalimantan Tengah 2045

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 15 Agustus 2019 09:56, Dibaca 513 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P membuka secara resmi Rapat Koordinasi / FGD Penajaman Isu Strategis Kelitbangan /Grand Design / Blue Print Kalimantan Tengah 2045 bertempat di Aula Bapeddalitbang Lt. 2 pada Kamis, (15/8/).

"Bapak Presiden Republik Indonesia telah meluncurkan visi Indonesia Tahun 2045 pada saat pembukaan Musrenbangnas tanggal 09 Mei 2019 yang lalu, disusun oleh Kementerian PPN/Bappenas RI sebagai bagian dari rencana pembangunan jangka panjang Nasional tahun 2025-2024," kata Fahrizal saat membacakan sambutannya.

(Baca Juga : Kadinkes Prov. Kalteng : Pandemi Global Covid-19 di Kalteng Belum Menunjukan Tanda-Tanda Penurunan)


Lebih lanjut Sekda menjelaskan Indonesia berdaulat, maju, adil dan makmur ditargetkan Indonesia menjadi Negara ekonomi terkuat 5 besar dunia dengan 4 pilar yang perlu diperkuat, yakni, 1. Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, 2. Pembangunan ekonomi berkelanjutan, 3. Pemerataan pembangunan, 4. Ketahanan Nasional dan tata kelola kepemerintahan.

"Sehingga untuk memenuhi amanat Undang-Undang tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2017 tentang sinkronisasi proses perencanaan dan penganggaran, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai bagian dari NKRI akan menyusun Master Plan/Grand Design Provinsi Kalimantan Tengah 2045," jelasnya.


Penyusunan itu dalam rangka sinkronisasi perencanaan dan penganggaran untuk meningkatkan keterpaduan perencanaan dan penganggaran yang lebih berkualitas dan efektif.

"Serta mensinkronkan dan mendukung visi Indonesia 2045 yang telah disampaikan oleh Bapak Presiden pada Musrenbangnas RKP 2020," ucap Fahrizal. (ARP/Foto:xcv)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook