Gubernur Resmikan Gedung IKR dan Gedung Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUD dr. Doris Sylvanus

Kontribusi dari Rikah Mustika, 15 September 2020 15:57, Dibaca 247 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran meresmikan Gedung Instalasi Kesehatan Reproduksi (IKR), Gedung Laboratorium Mikrobiologi Klinik, Dimulainya Pembangunan Gedung Instalasi Hemodialisis dan Dimulainya Pelayanan Tindakan Pemecahan Batu Ginjal dengan menggunakan ESWL di RSUD dr. Doris Sylvanus, Selasa (15/9/2020). Peresmian tersebut ditandai dengan pendatangan prasasti oleh Gubernur Kalteng serta pemotongan pita dan Peletakan Batu Pertama Gedung Instalasi Hemodialisis yang disaksikan Gubernur Kalteng.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi kedokteran, keperawatan dan sarana prasarana pendukung dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih bermutu, efektif dan efisien di RSUD dr. Doris Sylvanus, maka dibutuhkan bangunan Gedung yang memenuhi standar kesehatan. Oleh sebab itu, dengan diresmikannya gedung tersebut diharapkan RSUD dr. Doris Sylvanus bisa menjadi Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Emerging Tertentu di Provinsi Kalteng.

(Baca Juga : Gowess Kebangsaan Hari Bakti PU ke 72)

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan RSUD dr. Doris Sylvanus merupakan rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Kalteng yang telah terakreditasi Paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada tahun 2018. Di tahun yang sama, RSUD dr. Doris Sylvanus memulai pembangunan Instalasi Kesehatan Reproduksi (IKR).

Hal itu sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi Kalteng dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kalteng. Gedung tersebut selesai dan mulai beroperasi pada tahun 2019, namun belum sempat diresmikan pemakaiannya walaupun sudah digunakan.

Pada awal pandemi covid-19 masuk ke Kalteng, pelayanan untuk pasien covid-19 sangat tergantung pada hasil RT-PCR yang dikirimkan ke luar Provinsi Kalteng. Hal itu menurunkan kualitas respon time pelayanan yang ada di RSUD dr. Doris Sylvanus.

Oleh sebab itu, RSUD dr. Doris Sylvanus bekerja sama dengan Dinas PUPR membangun Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUD dr. Doris Sylvanus yang bisa melakukan pemeriksaan RT-PCR. Pembangunan tersebut dilakukan hanya dalam kurun 18 hari.


“Sebagai rumah sakit rujukan provinsi, RSUD dr. Doris Sylvanus terus mengembangkan pelayanannya dengan pelayanan baru di bidang Urologi, yaitu dengan dimulainya pelayanan tindakan pemecahan batu ginjal dengan menggunakan ESWL,” ucapnya.

ESWL merupakan salah satu prosedur yang digunakan untuk menangani penyakit batu ginjal. Melalui ESWL, batu ginjal atau kumpulan senyawa mineral dan garam yang menumpuk di dalam ginjal bisa dibuang tanpa pembedahan.

“RSUD dr. Doris Sylvanus telah mempunyai 15 mesin hemodialisis dan akan menambah kapasitasnya sehingga menjadi 30 mesin hemodialisis,” tambahnya.

Gubernur juga menyampaikan apresiasinya dan akan selalu mendukung RSUD dr. Doris Sylvanus dalam meningkatkan pelayanannya di bidang kesehatan untuk warga masyarakat yang ada di Provinsi Kalteng.

“Dengan resminya Gedung Instalasi Kesehatan Reproduksi Lt. 5 dan Gedung Laboratorium Mikrobiologi Klinik ini, diharapkan RSUD dr. Doris Sylvanus dapat meningkatkan dan mengembangkan lagi pelayanan Kesehatan menuju KALTENG BERKAH dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik dan tentunya kesembuhan bagi pasien,” tutup Gubernur.


Acara ditutup dengan penyerahan SK Akreditasi RSJ Kalawa Atei yang awal mulanya berakreditasi C dan kini naik menjadi B oleh Gubernur Kalteng Kepada Plt. Direktur RSJ Kalawa Atei. Tampak hadir dalam peresmian tersebut Ketua harian Satgas covid-19 Kalteng H. Darliansjah, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala Dinas PUPR Prov. Kalteng Shalahuddin, Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng Rian Tangkudung, Plt. Direktur RSJ Kalawa Atei Theodorus Sapta Atmaja, Kepala BPJS Cabang Kota Palangka Raya M. Masrur Ridwan dan Ketua IDI Kalteng Mikko. (Rkh / Foto: Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook