Meski Musim Penghujan Distribusi Komoditas Pokok di Palangka Raya Lancar

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 27 November 2018 08:52, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - Ada kekuatiran bila harga komoditas kebutuhan pokok mengalami kenaikan dipasaran , terutama seiring dengan datangnya musim penghijauan. Kenapa demikian, sebab kenaikan harga akan didasarkan dari pendistribusian atau pasokan barang komoditas yang lambat masuk, karena akses jalan yang terendam banjir dan berbagai faktor lainnya.

Meskipun demikian menurut Kepala Dinas  Perindutrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Ikhwanudin "Hingga saat ini stok bahan pokok masih aman dan harga barang pokok masih aman dan harga barang pokok juga masih pada posisi normal. Memang kita akui bahan pokok di Kota Palangka Raya ini mayoritas pasokan dari luar daerah. Tetapi untuk saat ini kondisinya masih aman, harga tetap normal, bahkan pendistribusiannya diharapkan lancar", ucap Ikhwanudin, Senin (26/11/2018).

(Baca Juga : Trabas Muara Teweh Dalam Rangka Silaturahmi Rider Diikuti Ratusan Peserta)

Harus diakui lanjut Ikhwanudin, faktor yang menyebabkan kelangkaan bahan pokok hingga berimbas naiknya harga, bisa dikarenakan proses pendistribusian barang komoditas yang terkendala. Seperti terkendala banjir, ombak yang tinggi sampai kepada terputusnya akses jalan yang digunakan.

Sampai saat ini bahan pokok masih normal. Seperti bahan makanan, masih belum mengalami kenaikan. Mudah - mudahan pengaruh cuaca dan banjir tidak mempengaruhi distribusi kebutuhan pokok yang masuk ke Kota Palangka Raya, harapnya.

Pihaknya pun tambah Ikhwanudin akan melakukan pengecekan ketersediaan dan harga bahan pokok di pasaran yang ada di Palangka Raya. Hanya saja nantinya pengecekan dilakukan berkala dan sesekali secara tiba-tiba. Tujuannya untuk mengontrol dan mengantisipasi pengaruh keterlambatan distribusi, dikarenakan pengaruh musim hujan.

Salah satunya ke pasar yang ada, guna memastikan pasokan dan pendistribusian serta harga bahan pokok masih dalam kondisi aman dan normal, pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook