Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Hadiri Rakornas BMKG Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi La Nina dan Bencana Hidrometeorologi

Kontribusi dari Widia Natalia, 29 Oktober 2021 14:08, Dibaca 448 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Andy Arsyad menghadiri Rapat Koordinasi Nasional BMKG Tahun 2021. Rakor dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (29/10/2021).

Rapat kali ini mengusung Tema "Antisipasi dan Kesiapsiagaan dalam Menghadapi La Nina dan Bencana Hidrometeorologi". Rapat dibuka secara langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono.

(Baca Juga : Sekda Nuryakin Pimpin Apel Bulan K3 Tahun 2023)

Mochamad Basoeki Hadimoeljono mengingatkan agar antisipasi menghadapi La Nina dan Bencana .

“Kita harus terus berupaya menghadapi La Nina. Sudah beberapa kali Negara Indonesia menghadapi La Nina maupun El Nino. Dengan menggunakan data BMKG, diharapkan bisa mengurangi dampak bencana alam yakni sebelum, saat terjadi dan setelah terjadi”, ucap Menteri PUPR.

Menteri PUPR mengajak Kementerian/Lembaga menjadi sub sistem dari BNPB. BNPB menjadi leading sektor penanggulangan bencana alam. Untuk mitigasi bencana Meteorologi, Menteri PUPR meminta agar mengetahui Daerah-Daerah yang berpotensi banjir sehingga perlu dilakukan pengawasan agar dapat mengurangi jumlah korbannya saat terjadi bencana alam.

Basoeki Hadimoeljono berharap, melalui Rakornas BMKG kali ini, adanya kerjasama antar Kementerian/Lembaga dan seluruh stakeholder agar semakin solid, efektif dan produktif sehingga dapat menghasilkan matrik yang lebih terintegrasi.

Dalam rapat tersebut, BMKG memprediksi cuaca ekstrem akibat fenomena La Nina hingga Februari 2022. BMKG juga mengatakan intensitas curah hujan akan mencapai puncak pada Januari-Februari 2022.

Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng didampingi Plt. Kalaksa BPBPK Prov. Kalteng Erlin Hardi.(wdy/foto:iksan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook