Pejabat PPID Diskominfosantik Provinsi Kalteng Kunjungi PPID Utama Kabupaten Kapuas

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 22 November 2018 15:52, Dibaca 380 kali.


Dalam pelaksanaan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap badan publik harus memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam memberikan informasi dan dokumentasi publik kepada masyarakat, Pejabat PPID Utama Dinas Kominfosantik Provinsi Kalimantan Tengah Laura Andalina, SP, M.Si dan kawan-kawan melakukan kunjungan kepada Sekretariat PPID Utama yang berada pada Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas dan disambut langsung oleh Dr. Suwarno Muriyat, S.Ag, M.Pd selaku PPID Utama Kabupaten Kapuas, Kamis (22/11).

Kasi Pengendalian Informasi Publik Diskominfosantik Provinsi Kalimantan Tengah tersebut menyampaikan maksud kunjungannya dalam rangka koordinasi dan pembinaan terkait keterbukaan informasi publik pada PPID Utama Kabupaten Kapuas. "PPID Kabupaten Kapuas sudah mulai baik dalam pengelolaan informasi publik, ruang pelayanannya yang representatif dan proses permintaan informasi publiknya sudah bisa online mapun onffline, tinggal Daftar Informasi Publiknya saja lagi yang perlu ditambahkan dari OPD," paparnya.

(Baca Juga : Pastikan Kondisi Kesehatan, Pegawai Kejari Pulang Pisau Jalani Medical Check Up)

Dia juga menambahkan kendala-kendala yang dihadapi memanglah harus disikapi dengan optimis, untuk memperkaya ketersediaan data dan informasi perlu dilakukan peningkatan kapasitas OPD dalam memahami PPID dan keterbukaan informasi publik secara lebih baik dan dapat berkontribusi secara lebih aktif.

Dr. H.Suwarno Muriyat, S.Ag.M.Pd selaku PPID Utama Kabupaten Kapuas dan juga sebagai Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas menyambut baik adanya kunjungan ini sebagai bentuk perhatian dan dukungan kepada Dinas yang dipimpinnya, ia berharap dikemudian hari kegiatan seperti ini dapat dilakukan kembali. "Tahun 2019 nanti akan diadakan bimtek mengenai aplikasi pelayanan publik salah satunya aplikasi PPID yang nantinya PPID pembantu pada OPD akan kita dorong untuk berkontribusi dalam pengelolaan informasi publik," katanya.

Ditempat yang sama Kasi Pengelola Komunikasi Publik Gusti Mahfuz, S.Kom, MA menyampaikan masyarakat Kabupaten Kapuas sudah dapat melakukan permintaan informasi publik, baik secara offline maupun online, offline dapat langsung datang ke Ruang Layanan PPID Utama dan online dapat mengakses ke alamat www.ppid.kapuaskab.go.id dan www.kip.kapuaskab.go.id.(hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook