Bunda PAUD Ivo Sugianto Sabran : Peran PAUD Sangat Penting Dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan

Kontribusi dari Widia Natalia, 27 Oktober 2021 10:42, Dibaca 136 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Bunda PAUD Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran membuka secara resmi  Rapat Kordinasi Internal Pokja Bunda PAUD dan Apresiasi Bunda PAUD Berprestasi Tingkat Prov. Kalteng. Rakor berlangsung terpusat di Aula Jayang Tingang, kantor Gubernur Kalteng, Rabu (27/10/2021). Rapat ini digelar dalam rangka mendukung program kerja Pokja Bunda PAUD Prov. Kalteng Tahun 2021.

Ivo Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya mengatakan usia dini merupakan “usia emas” bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohaninya.

(Baca Juga : Komisi IV DPR RI Serap Aspirasi Masyarakat dan Petani di Desa Petak Batuah A2, Kabupaten Kapuas)

“Kita ingin anak-anak tumbuh menjadi anak yang takwa, cerdas dan trampil sesuai dengan slogan Pendidikan di Negeri kita. Keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya”, ucap Ivo.

Peran PAUD menjadi sangat penting sebagai forum untuk memberikan edukasi tentang pola makan, pola asuh dan pola sanitasi kepada para orang tua terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan. PAUD juga penting untuk memberikan stimulasi bagi perkembangan kognitif dan tumbuh kembang anak. Tumbuh kembang anak pada usia dini menentukan kehidupan mereka selanjutnya.

Ivo berharap Pokja Bunda PAUD dapat bekerja secara optimal karena Pokja Bunda PAUD adalah perpanjangan dari Bunda PAUD dalam melaksanakan program-program yang telah direncanakan, sehingga pencapaian kinerja akan lebih maksimal, mengingat besarnya berbagai persoalan dan tantangan yang dihadapi, Pemprov. Kalteng membutuhkan dukungan dari semua pihak, karena PAUD memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia.

Untuk diketahui, Prov. Kalteng juga dihadapkan pada masalah stunting. Persoalan stunting bukan sekedar masalah kesehatan dan gizi yang buruk tapi juga aspek tak langsung penyebab lainnya. Oleh karena itu, intervensi untuk mencegah stunting bukan hanya terkait dengan kesehatan dan gizi, tetapi juga dengan bidang lainnya.

Pada rakor internal kali ini, secara bersama-sama akan mendengarkan kebijakan Pemerintah Pusat didalam membangun PAUD HI, apa saja yang menjadi Rencana Aksi Nasional dan program kerja PAUD pada Tahun 2022.

Rakor Internal Pokja Bunda PAUD dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng A Syaifudi serta Bunda PAUD Kabupaten/Kota se-Kalteng.(wdy/foto:Iksan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook