Ketua TP-PKK Kalteng Hadiri Pembukaan Rapat Kerja Daerah IX PKK Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Oktober 2021 12:40, Dibaca 158 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menyampaikan Rapat Kerja Daerah adalah agenda rutin PKK yang dilaksanakan setiap 5 Tahun, bertujuan untuk mendapatkan persepsi dan pemahaman yang sama mengenai rencana program dan kegiatan prioritas yang sejalan dengan rencana induk dan strategi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Hal ini disampaikan Ketua TP- PKK Kalteng saat menyampaikan sambutannya pada Rapat Kerja Daerah IX TP-PKK se-Kalteng Tahun 2021, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (26/10/2021).

Rakerda dihadiri oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Pj. Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin, Forkopimda Prov. Kalteng, Ketua dan Sekretaris TP-PKK Kabupaten/Kota Se-Kalteng serta seluruh Pengurus TP-PKK Prov . Kalteng yang baru saja dilantik.

(Baca Juga : Pemprov Klarifikasi Realisasi Anggaran Hibah PON XX)

Lebih lanjut Ivo menyampaikan sebagaimana yang di sampaikan oleh Ketua Umum TP PKK, untuk mengimplementasikan hal tersebut diatas ke dalam berbagai program maka TP-PKK menetapkan visi dan misi yang merupakan penjabaran visi, misi dan janji Presiden RI masa bakti 2020 – 2024. Agenda prioritas PKK tersebut ada 4 yaitu ketahanan Ekonomi, Revolusi Mental, lingkungan Hidup, dan memperkuat pelayanan dasar seperti Kesehatan, Pendidikan, Sosial, dan Budaya.

Secara umum Tim Penggerak PKK berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya mewujudkan Indonesia Maju melalui Gerakan Nasional Keluarga Pelopor Perubahan dengan sasaran strategis yaitu menjadi mitra Pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka stunting serta memutus rantai penyebaran Covid-19. Gerakan PKK adalah gerakan yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat, membangun kerjasama dengan lembaga lain, responsif terhadap kebutuhan masyarakat, melakukan pembinaan – pembinaan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Rapat Kerja Daerah IX TP PKK Se – Kalteng tahun 2021 ini mengangkat tema “Sinergitas dan Kemitraan TP PKK Disegala Jenjang Sebagai Kunci dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya, Sejahtera dan Bertaqwa Menuju Kalteng Semakin Berkah”. Makna dari tema ini yakni untuk mencapai tujuan dari PKK yang salah satunya adalah mewujudkan keluarga berdaya sejahtera dan bertaqwa yaitu keluarga yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidupnya baik dari aspek Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya, dan Ketakwaan terhadap sang Pencipta, Tentu tidak dapat dilakukan sendiri oleh TP PKK, Upaya tersebut memerlukan kerja sama dan kemitraan dengan berbagai fihak, yang dilakukan di semua jenjang TP PKK khususnya di Kalimantan Tengah. Tujuan tersebut sejalan dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yaitu mewujudkan Kalteng Semakin Berkah.

Pada kesempatan tersebut, Ivo mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng bersama dengan OPD yang telah mendukung penuh terhadap pelaksanaan Gerakan PKK melalui 10 Program Pokok PKK untuk mewujudkan keluarga sejahtera, berdaya dan bertakwa kepada Tuhan YME. Ucapan terima kasih juga disampaikan Ivo kepada para Bupati dan Walikota selaku Ketua Pembina di wilayah masing - masing.

“Program PKK tidak akan dapat optimal dilaksanakan tanpa dukungan Pemerintah Daerah. Selanjutnya pada saatnya nanti kiranya Bapak Gubernur berkenan memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah IX TP PKK se Kalimantan Tengah Tahun 2021”, pungkasnya.(wdy/foto:asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook