Persiapkan Generasi Sejak Dini Dari Seribu HPK

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 21 November 2018 22:36, Dibaca 274 kali.


MMCKalteng - Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) menjadi waktu yang sangat krusial untuk membentuk generasi penerus bangsa. Karena pada masa ini anak akan mengalami tumbuh kembang sangat pesat terutama pada bagian otak.

Untuk membentuk dan mempersiapkan generasi yang cerdas dan kreatif harus dipersiapkan sejak dini dari seribu HPK, disitulah seorang ibu mempunyai peran yang sangat vita, tidak bisa dipersiapkan secara instan, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau,Mulyanto Budiharjo saat dimintai keterangan di Pulang Pisau, Rabu (21/11).

(Baca Juga : Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi, SPIP dan Manajemen Resiko di Lingkup Pemkab Kobar)

Bila dalam seribu HPK tersebut mengalami kegagalan maka akan berakibat pada gangguan pertumbuhan fisik, metabolisme dan dapat memicu munculnya penyakit tidak menular seperti diabetes dan jantung.ryhg 

Lanjutnya, seorang anak harus dipersiapkan sejak dini supaya bisa tumbuh dengan kuat dan sehat. Orang tua harus memperhatikan itu, seperti menyiapkan asupan gizi dan kebutuhan lainnnya yang mendukung tumbuh kembang si anak.

Untuk itu, penting memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang optimal pada anak sejak dalam kandungan. Seribu hari pertama kehidupan dihitung 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan.

Fasenya dimulai sejak kehamilan kemudian lahir menyusui dan pemberian makanan pendamping ASI hingga anak berusia 2 tahun. Istilah 1000 hari pertama kehidupan ini sudah ada sejak tahun 2010 dalam gerakan scalling-up nutrition di tingkat global.

“Mendidik seorang anak adalah salah satu pekerjaan berat seorang ibu, karena tumbuh kembang anak memang perlu peran dan perhatian khusus, terutama untuk anak balita dibawah dua tahun, jangan sampai karna mengejar karir anaknya jadi terlantar dan tidak diperhatikan,” ucapnya.

Mulyanto menganjurkan, cara mendidik anak dengan baik yaitu dengan lebih banyak meluangkan waktu bermain dengan anak tersebut dan memberikan asupan makan yang bergizi seperti ikan dan lainnya. (MC. Pulang Pisau/Ayu/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook