Ketua TP PKK Ivo Sugianto Sabran : Peran Masyarakat Dukung Kesembuhan Pasien ODGJ

Kontribusi dari Widia Natalia, 13 Oktober 2021 17:14, Dibaca 119 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Ketua  Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran kunjungi Puskesmas Pelayanan Kesehatan Jiwa untuk pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) Kabupaten Sukamara, Rabu (13/10/2021). Kunjungan di Puskesmas Pelayanan Kesehatan ODGJ Sukamara merupakan rangkaian kunjungan Ketua TP-PKK Kalteng setelah sebelumnya meninjau pelaksanaan vaksinasi massal  bagi pelajar usia 12 s/d 17 Tahun dan masyarakat umum serta meninjau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di TK Negeri Pembina 2 Sukamara dan UMKM di Daerah setempat.


ODGJ atau orang dengan gangguan jiwa kerap menerima diskriminasi dari masyarakat karena dianggap berperilaku menyimpang. ODGJ mengalami gangguan kejiwaan yang menyebabkan perubahan pada cara berpikir, perasaan, emosi, hingga perilaku mereka sehari-hari. Gejala yang dialami oleh ODGJ juga bisa membuat mereka sulit berinteraksi dengan orang lain.

(Baca Juga : Kemkominfo RI Gelar Forum Koordinasi Integrasi Kanal Pemerintah Daerah Se- Kalimantan Tengah)

Puskesmas Pelayanan Kesehatan ODGJ ini merupakan pelayanan kesehatan jiwa untuk ODGJ oleh tim RSJ Kalawa Atei bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukamara. Terdapat 30 pasien ODGJ di Puskesmas tersebut.

Dalam kunjungan kali ini, Ivo Sugianto Sabran mengharapkan partisipasi setiap lapisan masyarakat guna mendukung kesembuhan pasien ODGJ. Ivo juga meminta kepada setiap lapisan masyarakat untuk dapat merespon cepat setiap masalah kesehatan yang terjadi dan segera melaporkannya ke Pelayanan Kesehatan terdekat.

Ketua TP-PKK Kalteng didampingi Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. Dari Pemerintah Daerah hadir Ketua TP-PKK Sukamara Siti Zulaiha beserta jajaran.(wdy/foto:Asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook