Voting API Award 2021, Rain Forest Trekking Tanjung Puting dan TWA Tanjung Keluang Sementara Masih Unggul

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 06 Oktober 2021 15:38, Dibaca 79 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Beberapa waktu lalu, tepatnya di bulan Mei 2021, Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 mulai digelar. API Award merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap dunia pariwisata Indonesia. Disamping itu, penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

Ada beberapa tahap yang harus dilalui dalam penyelenggaraan ajang ini, dimulai dari bulan Mei hingga akhir Juni 2021, diadakan seleksi penentuan nominasi pariwisata seluruh Indonesia. Awal Juli 2021, jadwal pengumuman nominasi dan sosialisasi, Juli sampai Oktober 2021 jadwal campaign vote dan promosi pariwisata Indonesia, dan pada bulan November pengumuman acara Malam API Award 2021. Ada beberapa kategori dalam ajang API award 2021 ini dan pada kesempatan ini yang masuk nominasi adalah Rain Forest Trekking Tanjung Puting dalam kategori Wisata Olahraga dan petualangan serta TWA Tanjung Keluang dalam kategori Ekowisata.

(Baca Juga : Pemeriksaan Kesehatan Penunjang Calon Jemaah Haji Kab. Kapuas Tahun 2020 Tahap I)

Pada Jumat (1/10/2021) melalui surat yang ditujukan kepada seluruh kabupaten/kota yang mengikuti ajang API Award 2021 dan melalui instagram apiaward, Panitia Penyelenggara API Award 2021 menyampaikan perolehan suara Nominasi API 2021 sampai dengan bulan September 2021. Rain Forest Trekking Tanjung Puting memperoleh 79% vote dan menduduki peringkat pertama. Begitu juga dengan TWA Tanjung Keluang juga menduduki peringkat pertama dengan nilai perolehan vote 57%.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kobar, Wahyudi saat dikonfirmasi di ruang kerjanya pada Rabu (6/10/2021) mengatakan, sangat bersyukur bahwa Rain Forest Trekking Tanjung Puting dan TWA Tanjung Keluang sampai dengan saat ini unggul dalam perolehan vote.

“Alhamdulillah, tidak disangka-sangka bahwa 2 kategori yang diikuti Kabupaten Kotawaringin Barat bisa masuk ke dalam 3 besar. Ini juga salah satu strategi branding kita ke tingkat Nasional dalam hal memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kotawaringin Barat,” ujar Wahyudi.

“Semoga sampai dengan 31 Oktober nanti Rain Forest Trekking Tanjung Puting dan TWA Tj Keluang tetap di posisi pertama,” harapnya.

Wahyudi juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mendukung keduanya dengan mengirimkan sms sebanyak-banyaknya ke 99386, ketik API_7i untuk Rain Forest Trekking Tanjung Puting, dan API_9i untuk TWA Tanjung Keluang. “Selain itu jangan lupa like di IG ayojalanjalanindonesia dan youtubenya,” ajaknya.

Ia juga menyampaikan bahwa panitia akan mengundang kehadiran para juara untuk hadir dan menerima penghargaan pada malam API 2021 yang rencananya akan diselenggarakan di Musi Banyuasin pada tanggal 30 Nopember 2021.

“Semoga dengan penghargaan ini, pariwisata Kobar semakin maju dan berkembang. Mari dukung kebangkitan Pariwisata Kobar di tengah masa pandemi Covid-19. Salam Pesona Indonesia,” pungkasnya. (dispar kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook