Diskominfosantik Prov. Kalteng Kunjungi BUMDes Pematang Panjang Seruyan

Kontribusi dari Rikah Mustika, 01 Oktober 2021 11:14, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng – Seruyan – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan badan perekonomian desa yang berbadan hukum, yang dibentuk dan dikelola oleh Pemerintah Desa. BUMDes Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan yang berdiri sejak tahun 2018, telah mengakomodir masyarakat setempat, baik dalam unit persewaan, pasar dan parkir, perdagangan, multimedia maupun foto. Hal itu disampaikan Direktur BUMDes Pematang Panjang, Adi Nugroho, di kantor BUMDes setempat, Kamis (30/9/2021).

“Kita BUMDes berusaha hadir di masyarakat untuk mengakomodir yang mampu kita sediakan. Dan juga khusus untuk kegiatan-kegiatan umum keagamaan atau kematian, kita tidak menggunakan retribusi sewaan dan tidak dipungut biaya,” ucapnya.

(Baca Juga : Jalin Silaturahmi, Pemprov. Kalteng Safari Ramadan di Kecamatan Pangkalan Banteng Kobar)

Adi mengatakan saat ini BUMDes Pematang Panjang belum ada kendala yang signifikan. Namun dirinya menyebut, honorarium kepengurusan (karyawan) mengalami kendala dengan adanya PP No. 11 Tahun 2021. “Sekarang ini tidak ada acuan standar untuk honorariumnya,” imbuhnya.


Ia juga menjelaskan bahwa komoditi yang paling banyak di BUMDes Pematang Panjang adalah di bidang pertanian dan perkebunan. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan UMKM, salah satunya adalah UMKM yang memproduksi atau mengolah anyaman tikar. 

“Salah satu tujuan kita adalah bagaimana bisa mengakomodir SDM dari masyarakat, mereka yang membuat dan kita yang memasarkan,” jelasnya.


Adi menyebut, sejak adanya PPKM yang ketat di masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya mengalami kesulitan dalam pendistribusian barang untuk dipasarkan ke luar daerah. Ia berharap ke depannya ada dukungan Pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi dalam hal sinergitas untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

Perlu diketahui, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Prov. Kalteng melakukan visitasi KIM binaan Kabupaten Seruyan. Pada kesempatan itu, rombongan Diskominfosantik Prov. Kalteng didampingi Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Seruyan dan Diskoperindag Kabupaten Seruyan melakukan kunjungan ke BUMDes Pematang Panjang. (Rkh / Foto: Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook