Tanggap Bencana Berbasis Kearifan Lokal

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 19 November 2018 08:36, Dibaca 902 kali.


MMCKalteng - Kearifan lokal pada dasarnya lahir dari gagasan, nilai dan pandangan yang dijunjung masyarakat lokal yang besifat baik dengan dasar kemandirian dan keswadayaan. Kearifan lokal diyakini mampu menjamin gaya hidup yang berkelanjutan. Sehingga, menjadi pedoman dan pengontrol masyarakat dalam berperilaku.

Ungkapan tersebut disampaikan Asisten II Setda Kota Palangka Raya, Ikhwansyah, saat membacakan sambutan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin pada seminar nasional Ikatan Arsitektur dan Kearifan Lokal Yang Tanggap Bencana, Sabtu (17/11/2018), di Swiss Bell Hotel Danum Palangka Raya.

(Baca Juga : PDP Pulang Pisau Bertambah 5 Orang Hasil Rapid Tes Gratis di Posko Gugus Tugas)

Lanjut Ikhwansyah mengatakan, penerapan kearifan lokal pada pembagunan di Indonesia dapat dilakukan pada arsitektur dan lingkungan binaannya yang dapat ditinjau secara multi dimensional. Multi dimensional yang dimaksud diantaranya, isu arsitektur, perumahan dan permukiman, sosial budaya, teknologi bangunan, pariwisata serta lingkungan.

"Penerapan kearifan lokal yang multi dimensional tentunya bisa berimplikasi untuk pembangunan dan kepemanfaatannya bisa dirasakan oleh masyarakat," jelasnya lagi. Diharapkan tambah Ikhwansyah, dengan penyelenggaraan seminar ini bisa menjawab hal-hal tersebut. Terutama melalui sharing dari berbagai elemen mayarakat dengan para akademisi serta praktisi arsitektur. Termasuk instansi pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat dan elemen lainnya untuk bergandengan tangan.

" Mewujudkan perancangan arsitektur yang berempati terhadap lingkungan, aspek ekonomi dan sosial serta keamanan, utamanya kearifan lokal yang tanggap bencana, memang diperlukan untuk saat ini, " tuturnya.

Ditambahkan Ikhwansyah, hendaknya seminar ini diharapkan lebih berwawasan pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan nilai-nilai serta inovasi yang lebih berbudaya dengan tetap mengutamakan kearifan lokal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook