Waspada DBD, Warga Gotong Royong Jaga Kebersihan Lingkungan

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 19 November 2018 08:07, Dibaca 36 kali.


MMCKalteng - Hari minggu pagi ( 18/11/2018), Lurah Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Muhammad Heri Pauzi, tampak mempimpin langsung kegiatan gotong royong di lingkungan warganya di Jalan Kecubung Palangka Raya.

Disela kegiatannya itu Heri mengatakan, adanya gotong royong warga itu tidak lain untuk melaksanakan himbauan dari Walikota Palangka Raya, dimana masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan guna mewaspadai penyakit demam berdarah dengue ( DBD), yang kini terus mewabah.

(Baca Juga : Peserta Diklatpim Yogyakarta Gali Inovasi di Palangka Raya)

"Bersama warga Jalan Kecubung ini kami bergotong royong membersihkan selokan agar aliran air bisa berjalan lancar dan tidak menimbulkan genangan," ujarnya. Setidaknya lanjut dia dengan kegiatan gotong royong tersebut, warga bisa mencegah berkembangnya jentik - jentik nyamuk pembawa penyakit DBD.

"Kegiatan ini akan  berlanjut. Jadi ayo jaga lingkungan kita agar tetap bersih dan tidak terkena DBD, " ajak Heri. Jauh sebelumnya, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin meminta para Camat, Lurah Keta RT dan RW untuk dapat bergotong royong membersihkan lingkungan masing- masing.

Hal itu dilakukan kata Walikota, bukanlah tanpa sebab, mengingat adanya peningkatan wabah penularan penyakit DBD di Palangka Raya saat ini. Saat ini Kota Palangka Raya memasuki musim hujan. Penyakit menularpun mulai menyerang masyarakat. Maka dengan ini kepada Camat, Lurah< Ketua RT dan RW untuk berperan aktif mengantisipasi DBD," ucapnya.

Fairid menyampaikan hal utama yang bisa dilakukan, yakni tetap menjaga kebersihan lingkungan. Baik lingkungan rumah, lingkungan drainase dan beberapa tempat yang menjadi tempat genangan air. Saya yakin seluruh pihak berkomitmen untuk melakukan hal ini, sehingga peningkatan jumlah penderita DBD bisa ditekan. Ingat, terapkan 3 M, menguras, menimbun dan mengubur, teas Fairid.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook