Bupati Gumas : Petani yang Terpilih Bisa Menjadi Pilot Project

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 17 September 2021 18:56, Dibaca 113 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 520/4149/SJ tanggal 2 Agustus tentang optimalisasi sektor pertanian melalui pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian dalam permodalan, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menggelar rapat di ruang rapat lantai 1 Kantor Bupati, Jumat (17/9/2021). Rapat tersebut dipimpin oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia L.P. Umbing, Kepala Dinas Pertanian Letus Guntur, Kepala Perangkat Daerah terkait, Pimpinan Bank Mandiri KCP Kuala Kurun, perwakilan dari Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun dan pihak terkait lainnya.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengatakan, bahwa ini merupakan upaya Pemerintah dalam menangani dampak Covid-19 untuk pemulihan ekonomi Nasional salah satu, yakni sektor pertanian. “Kami akan sepakat untuk menentukan calon petani, calon lahan yang memenuhi syarat untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut sebagai penerima KUR,” katanya.

(Baca Juga : Bupati Ajak Para Kepala SOPD Melayani Dengan Hati)


Hal itu disampaikan karena ada persyaratan yang harus dilengkapi lebih lanjut di perbankan untuk hal-hal secara teknis. “Kami berharap calon petani, calon lahan yang terpilih nanti, bisa menjadi pilot projek untuk membangun khususnya smart agro yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, yakni komoditi jagung hibrida,” harapnya.

Menurutnya, untuk mekanisme pembangunan smart agro khusus komoditi di bidang jagung, ada dua pembiayaan bantuan dari APBD Kabupaten Gunung Mas maupun Provinsi untuk pengelolaan lahan dan penyediaan bibit. Melalui kegiatan tersebut, di luar pengelolaan lahan penyediaan bibit sampai pasca panennya bisa didukung melalui  KUR.

“Untuk tindak lanjutnya dari Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas akan berkoordinasi dengan pihak perbankan agar melengkapi persyaratan oleh calon petani yang akan menerima kredit usaha rakyat (KUR),” tandasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook