Uji Kompetensi Mahasiswa PPG

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 30 April 2019 09:14, Dibaca 376 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Selama dua hari, Senin dan Selasa (29-30/4/2019) serentak seluruh Indonesia dilaksanakan ujian kinerja (UKIN) mahasiswa Pendidikan Profesi Guru.

Ardo Subagjo instruktur PPG, Minggu (28/4/2029) menjelaskan bahwa sebelum pelaksanaan ujian kinerja, mahasiswa PPG telah melaksanakan beberapa tahapan sejak 21 Januari 2019, yakni pembelajaran dalam jaringan (daring) dilaksanakan lebih dari satu bulan.

(Baca Juga : Dinas KominfoSP Murung Raya Salurkan Bantuan Logistik Ke Posko Covid-19)

Selanjutnya dilaksanakan lokakarya, pengembangan perangkat pembelajaran, penyusunan proposal penelitian tindakan kelas dan peer teaching atau praktek mengajar, kata Ardo.

Sedangkan uji kompetensi mahasiswa PPG terbagi dalam 2 dua bentuk uji, yaitu uji  kinerja (UKIN) dan uji pengetahuan (UP).

Uji kinerja akan dilakukan dengan mengamati langsung peserta PPG mengajar di dalam kelas. Setiap peserta PPG akan mengikuti uji kinerja yang dinilai oleh dua orang penguji, satu dosen, dan satu guru yang telah memenuhi syarat dan memiliki Nomor Registrasi Penguji (NRP).

Dalam menilai peserta PPG pada uji kinerja akan menggunakan isntrumen yang telah ditetapkan oleh panita nasional dan menggunakan aplikasi khusus dan penilainnya secara online.

Sedangkan peserta yang mengikuti UKIN pada kegiatan tanggal 29-30/4/2019, berjumlah 236 orang terdiri dari 4 (empat) program studi yaitu pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris, pendidikan bimbingan konseling dan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD). (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook