Musim Penghujan, Masyarakat Dihimbau Waspada DBD

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 16 November 2018 20:29, Dibaca 505 kali.


MMCKalteng - Memasuki musim penghujan, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau Diharyo mengimbau kepada seluruh warga untuk meningkatkan kewaspadaan selama musim penghujan, karena biasanya dimusim hujan wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) cukup mengalami peningkatan.

Perlu diingat untuk masyarakat khususnya masyarakat Pulang Pisau pada musim hujan kewaspadaan harus lebih ditingkatkan, terlebih kepada penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegipty yang membawa virus dengue yang cukup berbahaya tersebut, ujar Diharyo saat dikonfirmasi di ruang rapat DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (16/11).

(Baca Juga : Hj. Sri Hidayati Nadalsyah Pimpin TP PKK Ikuti Jambore Kader PKK)

Ia menuturkan, kewaspadaan juga harus diiringi dengan tindakan, misalnya melakukan 3M+ (Menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air dan memasang tirai anti nyamuk) ditempat tempat yang biasanya dijadikan nyamuk sebagai tempat berkembang biak.

Menurut Diharyo, pada saat musim hujan akan banyak terjadi genangan- genangan air yang menyebabkan jentik-jentik nyamuk hidup dan berkembang biak, oleh sebab itu diharapkan kepada seluruh warga untuk selalu menjaga lingkungannya seperti membuang sampah pada tempatnya, menerapkan 3M+, dan aktifitas yang berdampak positif pada kesehatan.

Lanjutnya, penggunaan kelambu pada saat tidur juga cukup membantu dalam mencegah terkena  penyakit DBD, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati, ucapnya (MC. Pulang Pisau/Amel/Ayu/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook