KAMMI Deklarasikan Relawan Kebhinekaan Indonesia

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 09 Agustus 2018 10:04, Dibaca 4 kali.


MMCKalteng - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Provinsi Kalimantan Tengah mendeklarasikan Relawan Kebhinekaan Indonesia (RKI) di Tugu Soekarno, Kota Palangka Raya, Selasa (7/08/2018) pukul 17.00 WIB

Acara deklarasi yang dimulai dari pukul 15.00 WIB ini juga diikuti oleh kader KAMMI dan puluhan mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Kota Palangka Raya. Sebelum ada deklarasi, kegiatan tersebut diawali dengan tilawah alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hyme KAMMI, orasi pemuda, deklarasi RKI, dan penutupan.

(Baca Juga : 10 Orangutan Dilepasliarkan ke TN - Bukit BBBR pada Momen Peringatan HUT RI)

Ketua umum PD KAMMI Palangka Raya, Hasan Anwar mengatakan latar belakang dibentuknya RKI karena belakangan ini adanya ancaman terhadap rasa Bhineka Tunggal Ika sesama anak bangsa yang dilakukan secara sosial maupun secara langsung demi tercapainya kepentingan kalangan tertentu.

Kebhinekaan sebagai pondasi bangsa Indonesia dicabik-cabik dengan perilaku mengkotak-kotakan masyarakat berdasarkan agama dan ras. Mirisnya mereka mengatasnamakan agama untuk memecah belah anak bangsa, tuturnya.

Beragam peristiwa memicu keresahan. Masih ada pihak yang menyulut kemarahan atau minimal menyebar ketakutan masyarakat. Akhirnya, mereka meninggalkan akar bersatunya rakyat yaitu kemajemukan atau keberagaman.

Oleh Karena itu KAMMI menyampaikan harus dibangun kesadaran bersama bahwa anak-anak bangsa generasi muda harus semakin erat dalam persaudaraan karena bangsa Indonesia dibangun oleh yang namanya perbedaan dan keberagaman.

Jadi melalui RKI itulah diharapkan bisa mewujudkan kebhinekaan yang sejati di Indonesia, khususnya di Bumi Tambun Bungai, Kalimantan Tengah. Sebelumnya deklarasi RKI juga sudah dilaksanakan dibeberapa daerah seperti Banten, NTT, Sulawesi Utara, dan DKI Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook