Pangkalan TNI AL Tipe D akan Dibangun di Kobar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 01 September 2021 14:38, Dibaca 69 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menerima kunjungan kerja (courtesy call) Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin dan perwira staf. Kunjungan kerja rombongan pada Rabu (1/9/2021) ini diterima langsung oleh Bupati yang didampingi unsur Forkopimda di ruang rapat Sekretariat Daerah.

Dalam kesempatan ini didapati informasi bahwa keberadaan Pos TNI AL yang berada di Kumai akan meningkat statusnya menjadi Pangkalan TNI AL. Bupati Kobar Hj Nurhidayah mendukung adanya rencana Pembangunan TNI AL (Lanal) Tipe D, di Kecamatan Kumai.

(Baca Juga : Pemko Palangka Raya Usulkan 10 Sumur Bor ke Kementerian ESDM)

“Pada prinsipnya, saya menyambut baik rencana pembangunan Lanal, sebab hal ini akan membuat dinamika ekonomi dan keamanan Kotawaringin Barat semakin baik,” kata Hj. Nurhidayah.

Bupati berpendapat dengan akan dibangunnya Lanal Tipe D di Kumai, tentunya ini akan membawa angin segar tentang bagaimana penguatan sistem pertahanan di Kobar dan Kalteng umumnya di sektor kelautan.

“Bagaimanapun Kalimantan Tengah ini cukup luas, jika ada Pangkalan TNI AL di wilayah ini, tentu akan memperkuat pertahanan dan keamanan,” ujar Hj Nurhidayah. 

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko menjelaskan bahwa Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Kumai yang direncanakan menjadi Lanal Kumai, masih menunggu akomodasi sarana dan prasarana yang akan disiapkan terlebih dahulu.

“Untuk tipe Lanal itu pembedanya adalah jumlah personel dan luas kewilayahannya saja, akan tetapi tugas pokok dan fungsinya pun tetap sama,” katanya. (prokom kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook