Upaya Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Pemkab Kobar Gelar Asistensi

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 19 Agustus 2021 09:04, Dibaca 894 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menyusun langkah-langkah perbaikan dalam rangka pelaksanaan dan peningkatan nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) melalui asistensi. Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) ini dilaksanakan dari ruang rapat Sekretariat Daerah pada Kamis (19/8/2021) dan diikuti oleh seluruh SKPD melalui virtual.

Asistensi dihadiri dan dibuka secara resmi oleh oleh Bupati Kobar yang didampingi dan Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, Inspektur dan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kobar. Bupati Hj Nurhidayah menyampaikan kegiatan ini digelar untuk memonitor sejauh mana pelaksanaan program kerja dan kegiatan dengan penyerapan anggaran. “Setiap pelaksanaan program kerja dan kegiatan harus sesuai dengan apa yang telah direncanakan,” kata Hj Nurhidayah.

(Baca Juga : 21 Ribu Warga Palangka Raya Antre Cetak e-KTP)

Hj Nurhidayah selalu menekankan bahwa birokrasi harus bekerja dengan memanfaatkan anggaran se-efektif dan se-efisien mungkin, meski dengan keterbatasan anggaran. 
Hasil evaluasi AKIP Pemkab Kobar Tahun 2019 berpredikat B dengan skor 60,05. Sedangkan hasil evaluasi AKIP Tahun 2020 kembali memperoleh predikat B dengan skor 61,19. Dari hasil tersebut ada kenaikan skor seumlah 1,14% dari tahun 2019. 

Hj Nurhidayah berharap pada tahun 2021 Kabupaten Kobar dapat memperoleh predikat A atau BB. “Target ini harus menjadi warning bagi perangkat daerah untuk melakukan analisis pada unit kerja masing-masing, kurangnya apa, salahnya apa, bagian mana yang perlu diperbaiki dan apa yang harus dilakukan selanjutnya,” tegas Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah juga mengatakan jika upaya perbaikan dan penguatan Akuntabilitas Kinerja tidak hanya dilakukan oleh tim SAKIP Kobar, akan tetapi dibutuhkan peran semua elemen terutama kepala perangkat daerah dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kobar. “Karena penguatan akuntabilitas adalah sebuah upaya kolektif,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Bupati Ahmadi Riansyah meminta tim selanjutnya segera menyusun rencana aksi sebagai tindak lanjut upaya mencapai target sasaran nilai. Ahmadi juga berharap peningkatan nilai AKIP berdampak terhadap peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. (prokom kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook