Wagub Kalteng Pimpin Upacara Peringatan HUT Proklamasi

Kontribusi dari Widia Natalia, 17 Agustus 2021 09:26, Dibaca 947 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo pimpin upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI tingkat Prov. Kalteng. Upacara dilangsungkan di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (17/08/2021).


Wakil Gubernur H. Edy Pratowo bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemprov. Kalteng.

(Baca Juga : BAZNAS KALTENG Gelat Rapat Tata Kelola Unit Pengumpulan Zakat)

Dalam suasana penuh keprihatinan akibat pandemi, HUT Kemerdekaan RI tahun ini kembali diperingati secara sederhana dan terbatas, dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan, tentunya tanpa mengurangi kekhidmatan dan makna penting yang terkandung dalam peringatan Hari Bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia.

Inspektur Upacara H. Edy Pratowo saat menyampaikan amanat tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan jika dulu pahlawan berperang melawan penjajah yang merampas kemerdekaan bangsa, saat ini seluruh Negara termasuk Negara sedang berjuang melawan wabah Covid-19 yang telah merenggut kebebasan beraktivitas dalam 1,5 tahun terakhir, dan menimbulkan dampak ke semua sendi kehidupan dan pembangunan, mulai dari kesehatan, sosial, ekonomi, sampai pendidikan. Sejak awal pandemi, Pemprov. Kalteng bersama Pemerintah Pusat dan Kabupaten/Kota, TNI-Polri, dan semua pemangku kepentingan terus bekerja keras menangani dampak Covid-19, seperti melakukan refocusing dan realokasi anggaran yang sangat besar untuk peningkatan layanan kesehatan dan penyiapan bantuan sosial, vaksinasi, hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Edy meminta para Bupati/Wali Kota bersama Forkopimda dan jajaran untuk memperkuat penerapan PPKM, dengan mengoptimalkan peran Posko COVID-19 di tiap desa dan kelurahan, untuk menggencarkan sosialisasi dan penegakan disiplin protokol kesehatan 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Pengawasan, operasi yustisi, dan penegakan disiplin harus benar-benar dilaksanakan secara tegas, tapi tetap humanis. Selain itu, melaksanakan dengan sungguh-sungguh 3T (testing, tracing, treatment), terus tingkatkan sarana prasarana fasilitas pelayanan kesehatan dan perbanyak tempat isolasi terpusat, untuk meminimalisir risiko penularan dan risiko kematian, memastikan juga ketersediaan berbagai kebutuhan rumah-rumah sakit dapat tercukupi, seperti obat-obatan dan oksigen, serta jangan lupa perhatikan kondisi fisik dan mental para tenaga medis, dan melakukan langkah-langkah percepatan realisasi anggaran penanganan Covid-19, seperti insentif bagi para tenaga kesehatan dan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat kelompok ekonomi rentan.

Terakhir, mendorong percepatan vaksinasi agar herd immunity dapat segera tercapai, yang akan menjadi kunci penting pengendalian pandemi COVID-19.

“Pemerintah Provinsi akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat agar distribusi vaksin lancar, sehingga seluruh masyarakat Kalimantan Tengah bisa segera mendapatkan vaksinasi”, tandas Edy.

Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI berlangsung khidmat dan lancar, seluruh personil upacara nampak sangat antusias mengikuti proses tahapan upacara. Turut hadir Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Unsur Forkopimda, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, serta para tamu undangan lainnya. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook