Peringati Hari Jadi, Wagub Kalteng Apresiasi Prestasi Seruyan

Kontribusi dari Rikah Mustika, 05 Agustus 2021 13:29, Dibaca 146 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo mengikuti acara Peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Seruyan, Kamis (5/8/2021). Wakil Gubernur mengikuti acara tersebut secara virtual dari ruang rapat Wakil Gubernur.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran berharap seiring bertambahnya usia Kabupaten Seruyan dapat terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan publik dan pembangunan demi mewujudkan masyarakat Bumi “Gawi Hantantiring” yang semakin maju dan sejahtera.

(Baca Juga : Cek Disini Data Pelamar CPNS Pemprov Kalteng T.A 2019 yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi)

“Ucapan dan apresiasi saya sampaikan kepada Bupati Seruyan beserta jajaran atas prestasi dan capaian pembangunannya antara lain, memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) selama 2 kali berturut-turut, mendapat predikat penilaian B pada Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah oleh Kemenpan RB Tahun 2020, serta meraih predikat penilaian B pada Hasil Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi oleh Kemenpan RB Tahun 2020,” ucapnya.

Orang Nomor Satu Kalteng itu juga menyebutkan bahwa peringatan Hari Jadi Kabupaten Seruyan tahun ini kembali digelar secara sederhana dan memperhatikan protokol secara ketat. Namun, hal itu tidak mengurangi esensi dan ruh yang terkandung dalam peringatan Hari Bersejarah Kabupaten Seruyan tersebut.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Seruyan tahun ini mengusung tema “Kabupaten Seruyan Semakin Sehat, Bersatu melawan Covid-19” dan sub tema “Bersinergi Melanjutkan Pembangunan dan Bersatu Melawan Covid-19”. Tema dan sub tema tersebut menyiratkan semangat bersama untuk bersatu padu dalam menghadapi pandemi yang terjadi saat ini.

“Untuk itu, di hari yang penuh berkah ini saya mengajak masyarakat Seruyan khususnya dan seluruh masyarakat Kalimantan Tengah pada umumnya untuk bersinergi dan berjuang bersama-sama mendukung semua upaya dan kebijakan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Saat ini lonjakan kasus Covid-19 masih terjadi di Indonesia, termasuk di wilayah Kalteng. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengendalikan wabah tersebut, termasuk menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Agar semua upaya dan kebijakan penanganan pandemi di Kalteng berjalan dengan baik, Gubernur Kalteng menyampaikan beberapa pesan kepada Bupati/Walikota se-Kalteng. Pertama, memperkuat penerapan PPKM, dengan konsisten melaksanakan berbagai ketentuan yang ditetapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri dan Instruksi Gubernur Kalimantan Tengah, optimalkan posko Covid-19 di tiap desa atau kelurahan, serta gencarkan sosialisasi dan penegakan disiplin protokol kesehatan.

Kedua, memperkuat 3T (testing, tracing, treatment). Ketiga, mempertajam pemetaan kasus aktif di tingkat RT dengan data yang lebih detail, agar pengambilan keputusan di lapangan tepat sehingga cepat memutus penyebaran Covid-19.

Keempat, melakukan langkah-langkah percepatan realisasi anggaran penanganan Covid-19. Kelima, melibatkan semua komponen pemerintah dan masyarakat yang ada untuk bersama-sama mensukseskan program vaksinasi.

“Selain itu, lakukan metode door-to-door atau jemput bola, agar memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan vaksin. Percepatan vaksinasi untuk membentuk Herd Immunity ini akan menjadi faktor kunci pengendalian pandemi,” pungkasnya. (Rkh / Foto: Biro Adpim)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook