Bunda PAUD Tekankan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Pendidik

Kontribusi dari Widia Natalia, 05 Agustus 2021 11:05, Dibaca 222 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran membuka Bimtek Penyegaran Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Moda Daring Prov. Kalteng. Kegiatan ini dihadiri secara virtual dari Aula Serba Guna, Istana Isen Mulang Kamis (5/08/2021).

Dalam sambutannya, Bunda PAUD menyampaikan sebagai Bunda PAUD, terdapat 12 peran dan program kerja yang sangat strategis dan harus dilaksanakan, antara lain mengoptimalkan sumber dana untuk mendukung peyelenggaraan program PAUD berkualitas baik yang bersumber dari APBN, APBD, dana desa, CSR, dan/atau sumber-sumber lain yang ada di masayarakat. Selain itu, mendorong peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, mendorong peningkatan konsumsi makanan sehat, bergizi dan berkualitas bagi anak usia dini, mensosialisasikan bahaya makanan dan minuman yang mengandung MSG, narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA), mendorong terciptanya layanan PAUD Holistik Integratif, memberdayakan organisasi mitra, harmonisasi kegiatan bunda PAUD, pembuatan profil bunda PAUD, pembentukkan kelompok kerja, pembinaan dan pengawasan terhadap layanan PAUD berkualitas, kerjasama dengan berbagai lembaga dan organisasi dan open house ramah anak (peduli anak).

(Baca Juga : Gubernur Jadi Narasumber Utama Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara : Kalimantan Untuk Indonesia)

“Selaku Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Tengah, Saya menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan Bimbingan Teknis Penyegaran Pengajar Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Bagi Guru PAUD Moda Daring Kombinasi ini, semoga kegiatan ini berjalan lancar sesuai harapan yakni menjadi pelatih Diklat PAUD yang profesional dan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan mutu layanan PAUD di Kalimantan Tengah”, ucap Ivo.

Ivo mengatakan Pandangan akan pentingnya pendidikan dan perawatan anak usia dini yang berkualitas merupakan suatu hal yang bersifat global. Hal ini merujuk pada pandangan yang berlaku di seluruh belahan dunia, yang mempercayai bahwa investasi dalam pendidikan, khususnya PAUD, merupakan faktor penting bagi sebuah negara agar dapat bersaing di era globalisasi. Pandangan global ini tercermin dari pengakuan berbagai pemerintah di dunia akan pentingnya fungsi dan peran PAUD baik bagi anak usia dini maupun bangsa.

PAUD memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia, sehingga harus terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan orang tua, keluarga, dan masyarakat yang memerlukan perluasan akses dan peningkatan mutu layanan PAUD yang berkualitas. Oleh sebab itu dalam rangka mendorong peningkatan mutu layanan PAUD yang berkualitas sudah tentu membutuhkan adanya guru PAUD yang berkualitas, sehingga perlu adanya sarana bagi guru PAUD untuk meningkatkan kompetensinya.Salah satu sarana bagi guru PAUD dalam meningkatkan kompetensinya adalah melalui Diklat Berjenjang.

Hadir pada pembukaan Bimtek dari tempat masing-masing diantaranya Direktur PAUD Kemdikbudristek RI, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng, Koordinator Pokja Pembelajaran GTK Kemdikbudristek, Kepala BP PAUD dan Dikmas Prov. Kalteng, Ketua Pokja Bunda PAUD Prov. Kalteng beserta jajarannya, Narasumber Kegiatan serta Para Peserta Bimtek.(wdy/foto:Arif)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook