Dispersip Gumas Gelar Bimtek Aplikasi SRIKANDI

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 03 Agustus 2021 13:09, Dibaca 1,859 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Gunung Mas menggelar bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) secara virtual.

“Untuk mengevaluasi kesiapan masing-masing daerah dalam hal implementasi SRIKANDI, baik itu dari segi sarana/prasarana, SDM kearsipan dan instrumen kearsipan (Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis dan Jadwal Retensi Arsip), untuk meningkatkan layanan pemerintahan secara lebih berkualitas, cepat, transparan, dan akuntabel,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson ketika membuka bimtek SRIKANDI di ruang rapat lantai 1 kantor Bupati, Selasa (3/8/2021).

(Baca Juga : Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Kalteng Capai 92.055 Orang)

Ia menyampaikan, arsip dapat berperan dan berfungsi dengan baik jika dikelola oleh tenaga fungsional yang benar-benar profesional sebagai seorang pengelola arsip, agar arsip tersebut tidak menjadi sulit dan tidak memerlukan waktu lama untuk ditemukan kembali (retrieval), guna memperlancar pelaksanaan tugas dan pengambilan keputusan secara tepat. Dengan bimtek ini diharapkan terwujudnya pengelolaan arsip yang autentik dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang handal, terjaminnya keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset nasional, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.


Lebih lanjut disampaikan, sebagai tindak lanjut surat keputusan Menteri Pendayaguna Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Arsip Dinamis, Kabupaten Gunung Mas sudah mendapat link uji coba aplikasi SRIKANDI dari Arsip Nasional Republik Indonesia, yang mana nanti akan dibuat struktur oleh ANRI bekerja sama dengan lembaga kearsipan Daerah (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik.

“Dengan Bimtek ini diharapkan saudara dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini sesuai jadwal yang telah disampaikan walaupun secara daring seperti ini, mengingat kondisi tidak memungkinkan bagi kita untuk melakukan bimtek secara tatap muka akibat pandemi virus corona yang mewabah dan melanda dunia. Semoga kita tetap sehat dengan disiplin melakukan protokol kesehatan,” kata Yansiterson.


Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas Edwin Yustian mengatakan, kegiatan bimtek ini bertujuan untuk kesiapan pemerintah daerah Kabupaten Gunung Mas berkaitan dengan implementasi aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi.

“Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (RI), Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Gunung Mas,” tandasnya.

Sebagai Narasumber bimtek ini, Sri Wahyuni selaku Koordinator Kelompok Substansi Kearsipan dan Maulida Abdiyana selaku Arsiparis Maya. Kegiatan tersebut diikuti oleh masing-masing perangkat daerah yang berjumlah 31 OPD dan diikuti secara daring (online) dari tempat masing-masing. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook