SAHLI Gubernur Paparkan Langkah-Langkah Penanganan Strategis Covid-19

Kontribusi dari Widia Natalia, 03 Agustus 2021 10:28, Dibaca 323 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Staf ahli Gubernur  Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Herson B. Aden menjadi narasumber pada  kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) bagi siswa Sespimti Dikreg ke-30 T.A. 2021. Kegiatan ini dihadiri secara virtual dari Ruang Kerja Staf ahli Gubernur  Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Selasa (3/04/2021).


Penelitian KKDN diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (LEMDIKLAT) dengan Tema " Strategi Polri Mendukung Penanggulangan Paripurna Covid -19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Mengawal Pembangunan Nasional". Jumlah peserta KKDN Sespimti Dikreg wilayah Kalimantan berjumlah 9 orang.

(Baca Juga : Pemprov. Kalteng Hadiri Rapat Dengan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah )

Herson B. Aden memaparkan terkait penanganan Covid-19 di Wilayah Prov. Kalteng. Sebagaimana disampaikan, kasus pertama dilaporkan kasus Covid-19 di Kalteng yakni pada tanggal 12 Maret 2020 sebanyak 2 orang. Adapun optimalisasi strategi penanganan covid-19 yang dilakukan mulai dari Pemetaan yakni meningkatkan pemetaan berdasarkan konfirmasi kasus positif pada tingkat RT/RW, pembatasan Skala Mikro yakni melakukan pembatasan skala mikro pada RT/RW terdapat kasus terkonfirmasi positif, perawatan yakni melakukan perawatan terhadap kasus konfirmasi positif melalui isolasi/karantina pemerintah, dan isolasi pada rumah sakit, satgas Penanganan Covid-19 diaktifkan sampai pada tingkat RT/RW, mengoptimalkan penanganan covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi serta menyalurkan bantuan Sosial terhadap masyarakat, baik yang terkonfirmasi positif maupun terhadap masyarakat yang terdampak social ekonominya akibat pembatasan skala mikro.

Langkah-langkah penanganan strategis yang dilakukan meliputi sosialisasi dan edukasi, mitigasi, deteksi, isolasi dan karantina, tindakan medis, dukungan kebutuhan dasarm penegakan hukum dan anggaran refocusing. Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Daerah, Forkopimda serta seluruh stakeholder bersama-sama berkomitmen memutus penyebaran covid-19 di Kalteng, memulihkan kesehatan masyarakat dan memulihkan Perekonomian Kalteng.

Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber lainnya diantaranya Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Purnamasasi dan Kasrem 102/Pjg Kolonel Czi Wakhyono.(wdy/foto:ist)

 

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook