Satgas Saber Pungli Kobar Serahkan Alat Perang Sapu Bersih Pungli ke Polres

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 21 Juli 2021 07:37, Dibaca 193 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Kotawaringin Barat (Satgas Saber Pungli Kobar) terus berupaya memberantas pungli di tengah masyarakat. Salah satu upaya tersebut dengan menggandeng Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Kobar untuk terjun di tengah masyarakat mensosialisasikan tentang bahaya pungli serta tata cara melaporkan kepada pihak berwenang bila menemukan pungli.

Ketua Satgas Saber Pungli Kobar Kompol Boni Ariefianto melalui Sekretaris II Sugeng Rahayu menyampaikan bahwa telah menyerahkan "Alat Perang" Saber Pungli ke Polres Kobar. “Kami melalui sekretariat telah menyerahkan alat perang untuk mencegah dan memberantas pungli ke Polres Kobar. Alat perang tersebut berupa spanduk 100 buah, banner 30 buah dan pamlet saber pungli 1 rim,” ujar Sugeng Rahayu saat ditemui di Inspektorat Kobar, Rabu (21/7/2021).

(Baca Juga : Asisten I Buka Rapat Anggota Tahunan KONI Gumas Tahun 2020)

Alat perang tersebut akan digunakan oleh para Bhabinkantibmas untuk bersosialisasi di tengah masyarakat. Sebagai ujung tombak di lapangan, Bhabinkamtibmas harus memahami persoalan masyarakat. Seperti yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas Polres Kobar, setiap hari mereka melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait Sapu Bersih Pungutan Liar kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui dan memahami dampak dari tindakan pungli. Selain itu bertujuan agar masyarakat tidak terlibat dalam lingkaran pungli terkhusus dalam pelayanan publik, baik di kantor pemerintahan, pendidikan,kesehatan dan di tempat-tempat publik lainnya.

Alat perang tersebut diserahkan langsung dari Satgas Saber Pungli Kobar kepada Kasat Binmas Polres Kobar AKP Sayem Sunarto di Mapolres Kobar. “Mudah-mudahan sinergisitas Satgas Saber Pungli dan Polres Kobar terus terjalin dengan baik, karena yang langsung terjun di lapangan adalah para Bhabinkantibmas yang dikoordinasikan oleh Binmas, maka kami bekali mereka dengan alat dan bahan tersebut,” tambah Sugeng Rahayu.

Seperti diketahui saat ini Pemkab Kobar sedang berupaya mewujudkan Kobar sebagai Kabupaten Bebas Pungli. Segala bentuk upaya dilakukan seperti sosialisasi tiap hari di tengah masyarakat, memberikan call center pengaduan, mengaktifkan media sosial saber pungli, pembentukan masyarakat adat sadar pungli, dan banyak hal lainnya.

“Kami terus berupaya, namun peran serta masyarakat sangat kami butuhkan untuk mewujudkan Kabupaten Kobar Bebas Pungli. Pesan saya jangan ragu untuk lapor jika menemukan pungli ke call center kami yaitu di 082351280383,” pungkasnya. (itkab kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook