Pembangunan Kota Palangka Raya Didukung Program CSR

Kontribusi dari Iin Carolina, 12 November 2018 13:17, Dibaca 902 kali.


MMCKalteng - Potensi peluang bisnis terbuka luas di Kota Palangka Raya yang menyebabkan banyaknya perusahaan berinvestasi di Kota Palangka Raya terlebih dengan adanya wacana pemindahan ibukota ke Kota Palangka Raya.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Palangka Raya mengadakan Seminar Akhir Kajian Integrasi Program Corporate Responsibility (CSR) Untuk Mendukung Pembangunan di Kota Palangka Raya, yang dibuka oleh Plt. Asisten I Sekda Kota Palangka Raya, Murni Djinu, bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya, Senin (12/11/2018).

(Baca Juga : Masyarakat Barito Utara Dihimbau Waspada Tingginya Curah Hujan)

Dalam sambutan Walikota Palangka Raya yang disampaikan oleh Plt. Asisten I Sekda bahwa konsekuensi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan sesuia UU Nomor 25 Tahun 2007, UU Nomor 40 Tahun 2007, dan PP Nomor 47 Tahun 2012 dan perusahaan harus berkomitmen dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna  meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat baik perusahaan sendiri maupun komunitas setempat.

Ditambahkan Murni, bahwa perusahaan di Kota Palangka Raya masih berupa charity dan berdampak pada ketergantungan masyarakat padahal keterlibatan dunia usaha dalam pembangunan daerah di Kota Palangka Raya sangat berpotensi untuk dikembangkan.

"Dampak regulasi tanggung jawab sosial dan lingkungan terhadap pembangunan disuga belum berintegrasinya pelaksanaan CSR akibat belum adanya kesepahaman antara Pemerintah Kota dengan dunia usaha tentang mekanisme pelaksanaan CSR di Kota Palangka Raya," tuturnya Murni.

Untuk itu setiap perusahaan yang berinvestasi dan beroperasi di wilayah Pemerintah Kota Palangka Raya harus berdasarkan prinsip dan filosofi sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2007, UU Nomor 40 tahun 2007, dan PP Nomor 47 Tahun 2012 dan dibutuhkan kesepahaman anata Pemko dengan dunia usaha sebagai etika bisnis agar terjadi relasi yang saling menguntungkan antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat, dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam melaksanakan CSR di Kota Palangka Raya.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook