Wujudkan Program PAUD Berkualitas Dengan Layanan Holistik Integratif

Kontribusi dari Widia Natalia, 14 Juli 2021 09:21, Dibaca 367 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Bunda PAUD Prov. Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pengembangan Program PAUD Berkualitas dengan layanan holistik Integratif. Acara dihadiri dari Aula Serbaguna, Istana Isen Mulang, Rabu (14/7/2021).

Sosialisasi ini digelar Pokja Bunda PAUD dalam rangka peningkatan kompetensi pengurus Pokja Bunda PAUD dan Pendidik PAUD. Acara ini dihadiri secara virtual dari tempat masing-masing oleh unsur Bunda PAUD, Pengurus Pokja Bunda PAUD, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dari 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Katingan dan Tim Pokja PAUD Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Dukung Penuh Pertanian di Kalteng, Gubernur Sugianto Panen, Tanam dan Olah Lahan Padi di Kelurahan Tanjung Pinang)

Ivo Sugianto Sabran menyampaikan bahwa Studi kebijakan pengembangan anak usia dini holistik dan integratif yang dilakukan oleh kementerian PPN/ Bappenas menyatakan bahwa pengembangan anak usia dini secara menyeluruh (holistik) mencakup kesehatan dasar, gizi, dan pengembangan emosi serta intelektual anak, perlu dilakukan secara baik karena amat menentukan perjalanan hidupnya dikemudian hari.

"Masa usia dini merupakan masa kritis tumbuh kembang anak yang akan menentukan perkembangan anak pada tahap selanjutnya”, ucap Ivo.

Pelaksanaan Penyelenggaraan PAUD holistik integratif meliputi kegiatan Pembelajaran, Layanan Kesehatan dan gizi, deteksi dini tumbuh kembang anak (DDTK), pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pengasuhan dan Perawatan, perlindungan dan parenting.

Diharapkan Pokja Bunda PAUD dapat bekerja secara optimal karena Pokja Bunda PAUD adalah perpanjangan dari Bunda PAUD dalam melaksanakan program-program yang telah direncanakan, sehingga pencapaian kinerja akan lebih maksimal, mengingat besarnya berbagai persoalan dan tantangan yang dihadapi, Pemerintah Daerah membutuhkan dukungan dari semua pihak, karena PAUD memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia.

Sebagaimana disampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya adalah upaya nyata Peningkatan Kualitas Layanan PAUD Holistik integratif dan memberikan pemahaman tentang PAUD Holistik Integratif karena selama ini masih banyak kesalahan pahaman terkait PAUD-HI yang dianggap program baru padahal PAUD-HI adalah penanganan anak usia dini secara utuh (Menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, Pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak.(wdy/foto:asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook