Sinode Umum ke XXIV Dihadiri Sepuluh Orang

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 07 Juli 2021 01:36, Dibaca 79 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan kepada pihaknya yang menjadi tuan rumah penyelenggara Sinode Umum ke XXIV tahun 2021. Hal tersebut dikatakannya saat membuka Sidang Sinode Umum Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) ke XXIV di Aula Hambit Bintih Gedung Christian Center Kalawa, Selasa (6/7/2021) malam.

Kabupaten Gunung Mas merupakan pemekaran dari Kabupaten Kapuas pada Tahun 2002, yang pada mulanya hanya terdiri dari 6 Kecamatan. Seiring tuntutan untuk mempercepat pemerataan pembangunan maka dimekarkan beberapa Kecamatan, sehingga sekarang di Kabupaten Gunung Mas, terdapat 12 Kecamatan, yang terdiri dari 13 Kelurahan dan 114 desa.

(Baca Juga : Pemuda dan Mahasiswa Hindu Sukseskan Pemilu 2019)

Kondisi saat ini, lanjut dia, semua desa/kelurahan sudah terhubung jalan darat hanya saja kurang 30 % diantaranya masih belum fungsional atau dalam kondisi jalan darurat.

“Untuk menuju ke desa-desa tersebut harus menggunakan mobil double gardan. Hal ini menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk memacu pembangunan, khususnya infrastruktur jalan ke daerah-daerah yang masih sulit dijangkau,” kata Jaya Samaya Monong.


Orang nomor satu di Bumi habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu mengatakan, khusus pembangunan keagamaan ada 6 Agama yang berkembang yaitu Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Islam, Budha dan Khonghucu. Bila memperlihatkan jumlah pemeluk agama Kristen yang cukup besar, maka tidak berlebihan apabila kemudian Almarhum Hambit Bintih selaku Bupati Gunung Mas periode 2008-2013 menggagas dan mulai melaksanakan pembangunan Gedung Christian Center.

"Semoga Sinode Umum ke XXIV Tahun 2021 yang untuk pertama kali dilaksanakan secara Virtual dan didukung oleh Diskominfosantik Kabupaten Gunung Mas menghasilkan keputusan penting, yang menjadi tonggak baru untuk memperbaharui dari dan organisasi, tidak tertinggal oleh arus globalisasi dan perkembangan kehidupan sosial yang memuat kebutuhan pelayanan yang semangkin berkualitas," ucapnya.

Sematara itu Ketua Perwakilan MS GKE Rony Karlos melaporkan, kegiatan Sinode Umum GKE adalah merupakan even tertinggi bagi GKE. "Oleh sebab itu kami telah mempersiapkan sebaik mungkin untuk kesuksesan terselenggaranya Sinode Umum ke XXIV GKE Tahun 2021," katanya.


Menurut Wakil Bupati Gunung Mas masa bakti 2014-2019 ini, panitia dengan kesungguhan dan berbagai upaya sudah mulai menyiapkan berbagai keperluan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2018. Rapat terakhir panitia dengan Majelis Sinode GKE bersama dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dan Forkopimda pada tanggal 30 Juni 2021 memutuskan dihadiri oleh 10 orang di Christian Center Kalawa Kuala Kurun, yaitu hanya dari Majelis Sinode GKE yang bertindak sebagai pimpinan Sidang.

“Saya berharap kita bersama kiranya acara ini dapat berlangsung dengan aman dan lancar serta sukses atas penyertaan Tuhan kita Yesus Kristus,” kata Rony Karlos.

Jumlah dana yang terhimpun untuk mendukung Sinode Umum ke XXIV sebesar Rp. 2.221. 111.000 miliar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung baik berupa pemberian dana tunai maupun berupa barang, demi suksesnya penyelenggaraan Sinode Umum ke  XXIV GKE Tahun 2021,” tegasnya.

Turut hadir Ketua TP-PKK Mimie Mariatie, Wakil Bupati Efrensia L.P. Umbing, beserta Bapak DK. Mandarana, Wakil Ketua MS GKE Pdt. Simpon F. Lion, Sekretaris Umum MS GKE Pdt. John Asihua, Ketua DPRD Akerman Sahidar, Kejari Gunung Mas Anthony, Ketua Pengadilan Agama M. Misbachul Anan, Ketua Perwakilan MS GKE Rony Karlos. Dan diikuti secara zoom meeting oleh Ketua Umum MS GKE Banjarmasin Wardinan S. Limin, Anggota DPR RI Agustin Teras Narang, dan peserta Sinode Umum ke XXIV tahun 2021 se Kalimantan dan Jakarta. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook