Belajar Bersama Mengenal Sejarah Budaya dan Fungsi Museum Balanga

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 29 Juni 2021 17:34, Dibaca 203 kali.


Palangka Raya (29/6) – UPT. Museum Balanga mengadakan kegiatan Belajar Bersama di Museum yang bertemakan Pengenalan Sejarah dan Budaya dan Fungsi Museum Balanga di Era Milenial. Kegiatan tersebut diselenggarakan di selasar Gedung Etnografi Museum Balanga Palangka Raya pada Selasa pagi (29/6). Peserta kegiatan Belajar Bersama di Museum terdiri dari pelajar tingkat SLTA/Madrasah Aliyah/se-derajat di Kota Palangka Raya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Dr. Guntur Talajan, S.H., M.Pd. Dalam sambutannya, Kepala Dinas menyampaikan bahwa melalui kegiatan Belajar Bersama tersebut, para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat Kalimantan Tengah dapat semakin meningkatkan minat untuk lebih mengenal museum terutama Museum Balanga. Pengenalan museum dapat menumbuhkembangkan kecintaan terhadap nilai sejarah dan budaya bangsa.

(Baca Juga : Penguatan Penyeliaan Fasilitatif Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Tahun 2020)


Narasumber pada Kegiatan Belajar Bersama di Museum yaitu Kepala Dinas Dr. Guntur Talajan, S.H., M.Pd dan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si. Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi paparan yang dibawakan oleh Kepala Dinas dengan materi Peran dan Fungsi Museum Balanga dalam Menunjang Kepariwisataan di Kalimantan Tengah. Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Rektor UPR. dengan materi Sejarah, Cara Pembuatan, Fungsi, Simbol, dan Kegunaan Mandau pada Era Milenial.


Putra dan Putri Kebudayaan Nusantara Kalimantan Tengah Tahun 2021 (Putra Kebudayaan Nusantara beserta Wakil 1 dan Wakil 2 dan Putri Kebudayaan Nusantara beserta Wakil 1 dan 2) turut hadir dalam kegiatan dan aktif mengikuti seluruh sesi paparan bersama dengan para pelajar yang mewakili 15 SMA/Madrasah Aliyah/se-derajat di Kota Palangka Raya. Sekolah yang mengirimkan siswanya untuk mengikuti kegiatan Belajar Bersama di Museum ialah SMAN 1 Palangka Raya, SMAN 2 Palangka Raya, SMAN 3 Palangka Raya, SMAN 4 Palangka Raya, SMAN 5 Palangka Raya, SMKN 1 Palangka Raya, SMKN 2 Palangka Raya, SMKN 3 Palangka Raya, MAN MODEL Palangka Raya, MA ANNUR Palangka Raya, SMA NU Palangka Raya, SMA Kristen Palangka Raya, SMA Katolik Santo Petrus Kanisius Palangka Raya, SMA Christian Golden School Palangka Raya, dan SMA Muhammadiyah Palangka Raya. (AA -DKPKH)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook