Pemberdayaan IKM dan UKM di Kalteng Melalui Pojok Dekranasda

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Juni 2021 10:54, Dibaca 235 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Prov. Kalteng menggelar Pojok Dekranasda Festival Kuliner, bertempat di Central Borneo Souvenir Dejranasda di Jl. Imam Bonjol Nomor 21 Palangka Raya, Jumat (25/6/2021) malam. Pojok Dekranasda ini diadakan dalam rangka mendukung recovery economy ditengah pandemi Covid-19, salah satunya dengan memberikan ruang dan fasilitas kepada IKM dan UKM Kalteng untuk tetap memasarkan dan mempromosikan produknya.

“Dalam rangka memulihkan perekonomian khususnya Industri Kecil Menengah di Kalteng umumnya dan Kota Palangka khususnya yang kemaren-kemaren itu terdampak pandemi Covid-19 jadi Pemerintah Prov. Kalteng dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng  bersama-sama Dekranasda Prov. Kalteng memfasilitasi untuk mereka bisa beroperasi lagi, bisa bangkit lagi, bisa berproduksi lagi dan bisa menjual produk-produknya kembali”, tutur Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty saat mengunjungi Pojok Dekranasda.

(Baca Juga : Hadiri Talkshow TVRI Kalteng, Diskominfo Kembali Himbau Masyarakat Bijak Bermedia Sosial )


Aster Bonawaty mengatakan Pojok Dekranasda dibuka setiap hari Jumat dan Sabtu malam.

“Kami menyediakan fisilitas berupa tempat yang kami sebut pojok dekranasda. Bukanya setiap hari jumat, hari sabtu malam”, imbuhnya.

Aster Bonawaty mengungkapkan, Festival kuliner ini akan terus dikembangkan dan dipromosikan.

“Tidak kemungkinan kalau ternyata berjalan baik dan bisa mengembalikan roda perekonomian mereka, bisa nanti tidak hanya hari Jumat dan Sabtu, tapi dari hari Senin sampai Sabtu Minggu. Kita lihat perkembangannya, karena kita masih terbatas dengan prokes, prokes tetap harus dijalani. Kalau anime masyarakat positif kita akan terus menyediakan fasilitasnya dan menambah fasilitasnya”, pungkasnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng mengajak seluruh masyarakat Kalteng untuk mengunjungi cafe Dekranasda di Jalan Imam Bonjol untuk menikmati kuliner khas Kalteng, selain itu juga kuliner lainnya yang dikelola oleh IKM di Palangka Raya.

Suasana pojok Dekranasda terasa meriah diisi dengan penampilan dari artis dan musisi Kota Cantik Palangka Raya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. (wdy/foto:rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook