Bunda PAUD Kalteng Membuka Secara Resmi Sosialisasi Pengembangan Program PAUD Holistik Integratif

Kontribusi dari Widia Natalia, 22 Juni 2021 10:07, Dibaca 112 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran membuka secara resmi Sosialisasi Pengembangan Program PAUD Berkualitas dengan Layanan Holistik Integratif, bertempat di Aula Serba Guna Rumah Jabatan Gubernur Kalteng, Selasa (22/6/2021). Kegiatan ini digelar guna mendukung pelaksanaan PAUD berkualitas berlayanan holistik Integratif.

Mengawali sambutannya, Bunda PAUD Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menyampaikan bahwa anak adalah anugerah Tuhan yang maha esa.

(Baca Juga : Arahan Gubernur Kalteng Kepada Camat Dan Kepala Desa Terkait Pemberian BLT Desa Dan Pemerintah Provinsi )


“Anak tempat kita meneruskan cita-cita dan garis keturunan, anak juga merupakan amanah, titipan harta yang paling berharga yang harus dijaga, dirawat dan dididik agar menjadi penyejuk hati. Kita ingin anak-anak tumbuh menjadi anak yang takwa, cerdas dan trampil sesuai dengan slogan Pendidikan di negeri kita”, ucap Ivo Sugianto Sabran.


Ivo Sugianto Sabran mengatakan keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Usia dini merupakan usia emas bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohaninya, maka ia akan memperoleh kesiapan belajar yang baik yang merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya.

Lebih lanjut Ivo Sugianto Sabran menyampaikan masa usia dini merupakan masa kritis tumbuh kembang anak yang akan menentukan perkembangan anak pada tahap selanjutnya. Seluruh dimensi pengembangan akan tumbuh dan berkembang, saling mempengaruhi dan dipengaruhi satu dengan lainnya. Untuk itu, anak membutuhkan stimulasi holistik atau menyeluruh, yang meliputi stimulasi pendidikan, kesehatan dan gizi, dan psikososial. Ivo Sugianto Sabran berharap melalui Sosialisasi Pengembangan PAUD Holistik Integratif saat ini, layanan pendidikan anak usia dini dapat terlaksana dengan baik, selanjutnya proses pembelajaran yang ada dalam lingkungan PAUD terus berkembang sehingga kedepan nantinya terus melahirkan anak-anak yang memiliki kesiapan, baik dari segi akhlak, pengetahuan umum, serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan jenjang pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Pengembangan anak usia dini holistik dan Integratif adalah Pengembangan anak usia dini yang dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan dan sistematis. Holistik artinya penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak. Sedang Integratif/terpadu artinya penanganan anak usia dini dilakukan secara terpadu oleh pemangku kepentingan ditingkat masyarakat, Pemerintah Daerah dan Pusat.

Sosialisasi ini dihadiri secara virtual dari tempat masing-masing oleh Ketua Pokja Bunda PAUD Prov. Kalteng dan Kabupaten beserta seluruh jajaran Pengurus, peserta Sosialisasi dari unsur Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Se-Kalteng, Ketua Organisasi Mitra, Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta seluruh peserta Sosialisasi Pengembangan PAUD Holistik Integratif Untuk Kabupaten Kotawaringin Barat, Sukamara dan Lamandau Tahun 2021.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook