Tim Satgas Covid 19 Kapuas Cek Warga yang Melintasi Perbatasan dan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 24 Maret 2020 08:24, Dibaca 18 kali.


MMCKalteng - KUALA KAPUAS – Tim Satgas Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 Kabupaten Kapuas yang diketuai oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah terus melakukan upaya gerak cepat dalam menanggulangi penyebaran virus, salah satunya dengan mengadakan pengecekan suhu tubuh dan edukasi terkait pencegahan kepada pengendara yang hilir mudik melintasi Kabupaten Kapuas serta penyemprotan cairan disinfektan di wilayah Kabupaten Kapuas.

Bekerjasama dengan Polres Kapuas, Polsek dan Kodim 1011/KLK serta Koramil, Tim Satgas melakukan pengecekan dan edukasi di dua titik perbatasan yaitu wilayah perbatasan Anjir kilometer 14, Kecamatan Kapuas Timur (Kapuas – Kalsel) dan di wilayah perbatasan Desa Batu Nindan Jalan Trans Kalimantan kilometer 14, Kecamatan Basarang (Kapuas-Pulang Pisau).

(Baca Juga : SatPol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Cek Penerapan Protokol Kesehatan Di SOPD Kabupaten Kapuas)


Di lokasi tersebut dibangun Posko Satgas Covid-19 dengan memanfaatkan tenda dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas. Selain itu, juga dibangun Posko Induk di Depan RSUD Kapuas dan tiap titik Posko Satgas disediakan tempat mencuci tangan.

Ketua Tim Satgas Covid Kapuas Andres Nuah bersama jajaran saat ditemui di Posko Wilayah Perbatasan Basarang, Minggu (22/3/2020) siang, menghimbau agar masyarakat tidak berpergian dulu sementara waktu apabila tidak ada keperluan mendesak dan tetap berada di rumah karena hal ini dapat meredam penyebaran virus Covid-19.


“Kami juga menghimbau kepada Masyarakat Kabupaten Kapuas dan khalayak luas agar kita mewaspadai Virus Corona  yang sedang menimpa masyarakat dunia termasuk Indonesia, bahkan Kalimantan tengah maupun Kalimantan Selatan. Kabupaten Kapuas saat ini belum ada yang terjangkit, untuk itu kita pertahankan Kabupaten Kapuas bebas dari Virus Corona,” ucap Andres.

Lebih lanjut demi mempertahankan hal itu Andres Nuah mengatakan, setiap masyarakat yang datang maupun ke luar daerah akan diperiksa kesehataannya terutama suhu tubuh. Diharapkan apabila masyarakat merasakan hal-hal yang kurang nyaman dengan tubuhnya agar melaporkan ke posko yang sudah ditetapkan dan akan dilakukan pengawasan serta dilayani sebaik mungkin.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Ketua Bidang Humas, Dokumentasi dan Informasi Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas, H Junaidi menjelaskan sebagai bentuk kesiapsiagaan sesuai instruksi dari Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yaitu mencegah dan memberikan edukasi kepada masyarakat Kabupaten Kapuas yang ingin bepergian ke luar daerah agar mereka memahami bahwa penularan virus ini sangat berbahaya dan dianjurkan kembali ke rumah masing-masing apabila tidak mempunyai keperluan mendesak.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan kenderaan ke luar dan masuk dengan pemeriksaan suhu tubuh setiap penumpang yang ada dan apabila ditemukan ternyata pendatang bukan dari penduduk Kapuas maka kami akan suruh kembali ke daerahnya masing-masing tetapi apabila penduduk Kapuas maka kita akan observasi terus yang bersangkutan, giat ini direncanakan efektifnya selama 30 hari kedepan,” terang H Junaidi.

Kemudian pada Senin (23/3/2020) Tim Satgas Covid 19 melakukan penyemprotan cairan disinfektan di wilayah Kabupaten Kapuas diantaranya yaitu perbatasan Kecamatan Kapuas Timur, perbatasan Kecamatan Basarang dan area Pasar Kuala Kapuas, kemudian akan dilakukan penyemprotan kembali secara bertahap ke depannya di lokasi yang berbeda.

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor saat ditemui di posko induk Tim Satgas Covid 19 Kapuas  bertempat di depan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo, berpesan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas untuk selalu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, tidak berkumpul di keramaian serta selalu mencuci tangan dengan sabun setiap saat.

“Setelah sebelumnya dilakukan pembangunan posko di beberapa tempat, maka tahapan selanjutnya yaitu penyemprotan cairan disinfektan. Diharapkan dengan dilakukannya penyemprotan cairan disinfektan ini di beberapa titik dapat mencegah masyarakat Kabupaten Kapuas dari terpapar virus corona,” pungkas Wabup. (hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook